Matra Siber TNI Akan Dibentuk, Menko Polhukam: Kita Menghadapi “Proxy War”

JAKARTA, virprom.com – Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal (Lengkap) Hadi Tjahjanto mengatakan, dimensi keempat kekuatan TNI harus dibentuk untuk memerangi serangan siber.

Dia mengatakan perang di masa depan akan bersifat modern.

Dimensi siber atau dimensi keempat adalah bagaimana kita menghadapi serangan siber dari luar. Pusat gravitasi kita dalam peperangan modern kita adalah perang siber, kata Hadi di Gedung KHDR Sinai, Senin (23/9/2024). , Jakarta. .

Baca Juga: Menpolhukam Jokowi Pimpin Pembentukan Pasukan Siber TNI, Prabowo Prihatin

Menurut Hadi, perang siber meliputi perang proksi, perang asimetris, dan perang propaganda.

Dia mengatakan sistem itu diperlukan untuk menghindari serangan siber.

“Karena perang dunia maya, perang proksi, perang proksi, perang asimetris, dan perang propaganda, semuanya memerlukan sistem alat untuk mengalahkan serangan balik.”

Oleh karena itu, Panglima TNI harian mengatakan, perlu adanya satuan siber yang melakukan patroli setiap hari.

Baca Juga: Matra TNI Ingin Rekrutmen Sipil untuk Siber, Catatan Pengamat

Selain itu, Hadi mengatakan dimensi siber akan mengarah pada perang intelektual.

“Bagaimana kita bisa mempengaruhi apakah kita bisa memenangkan perang ini? Saya ingatkan bahwa kita sudah melakukan perang siber di Timor Leste, tapi saat itu kita belum siap untuk perang siber,” ujarnya.

Sementara itu, Hadi sebelumnya mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan pembentukan dimensi siber TNI.

Presiden terpilih Prabowo Subanto juga disebut-sebut prihatin dengan standar siber. Dengarkan berita terkini dan update langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top