Pengadilan AS Dakwa Ryan Routh, Pria yang Hendak Tembak Trump di Lapangan Golf

MIAMI, virprom.com – Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) Selasa (24/9/2024) mengumumkan dakwaan terhadap Ryan Routh, pria yang mencoba menembak calon presiden Donald Trump di lapangan golf.

Routh, 58, ditangkap pada 15 September 2024, setelah agen Dinas Rahasia AS melihatnya membawa senjata api di dekat Lapangan Golf Internasional Trump di West Palm Beach, Florida.

Kantor berita AFP melaporkan bahwa dia sebelumnya telah didakwa dengan dua kejahatan terkait senjata api sehubungan dengan insiden tersebut.

Baca juga: Rencana Penembakan Trump Terungkap di Lapangan Golf, Pencarian Tersangka Selama Berbulan-bulan

Dakwaan baru ini dijatuhkan oleh dewan juri Florida pada Selasa malam.

Selain percobaan pembunuhan terhadap calon presiden, dakwaan baru tersebut mencakup kepemilikan senjata api sebagai kelanjutan dari kejahatan dan penyerangan terhadap petugas federal – agen Dinas Rahasia, menurut dokumen pengadilan.

Agen melihat senjata mencuat dari semak-semak dan Routh mengintai Trump saat dia bermain golf. Agen kemudian menembaki tersangka, namun dia melarikan diri sebelum ditangkap.

Seorang hakim federal memerintahkan Routh untuk tetap ditahan pada Senin (23 September 2024).

Baca Juga: Trump Tak Akan Maju Lagi Jika Kalah Pilpres AS 2024 Trump Tolak Debat Kedua Melawan Kamala Harris, Kenapa? Trump menggambarkan pembunuhan di klub golfnya

Analisis FBI terhadap telepon Routh menunjukkan dia telah berada di Florida sejak 18 Agustus. Peralatannya ditemukan beberapa kali antara tanggal tersebut dan 15 September di dekat lapangan golf Trump dan kediaman mantan presiden Mar-a-Lago.

Sebelum agen Dinas Rahasia melihatnya, Routh menghabiskan hampir 12 jam di dekat kompleks lapangan golf, menurut data lokasi di teleponnya.

Upaya Routh merupakan upaya pembunuhan kedua terhadap Trump setelah penembakan 13 Juli 2024 di Butler City, Pennsylvania.

Satu orang tewas dan Trump mengalami cedera telinga dalam insiden tersebut. Pelaku yakni Thomas Matthew Crook tewas ditembak pihak berwajib.

Baca juga: Trump tembak tersangka terdaftar sebagai pemilih independen. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top