Intel Kembali Rilis Update untuk Cegah “Crash” di Chip Raptor Lake

virprom.com – Belakangan ini banyak keluhan mengenai prosesor generasi terbaru Intel, yakni. Intel Core generasi ke-13 dan ke-14 (Raptor Lake dan Raptor Lake Refresh) yang tidak stabil sehingga dapat membuat komputer (PC) pengguna crash secara tidak terduga. ada masalah (kecelakaan).

Intel kini telah merilis pembaruan mikrokode untuk memperbaiki masalah kerusakan pada chip Intel Raptor Lake dan Raptor Lake Refresh. Pembaruan ini disebut mikrokode 0x12B.

Ini merupakan update terbaru yang juga mencakup dua update microcode lainnya yang telah dirilis sebelumnya yaitu 0x125 dan 0x129 yang dirilis pada bulan Juni dan Agustus lalu.

Pembaruan terbaru ini juga menghadirkan opsi pengaturan berbasis tegangan yang sama yang digunakan Intel secara default untuk chip Raptor Lake dan Raptor Lake Refresh.

Merujuk pada mikrokode 0x12B, update ini merupakan update BIOS yang memperbarui perangkat keras daya (voltase) pada mainboard (papan induk).

Dengan pembaruan ini, komponen ini mencegah chip Intel menggunakan terlalu banyak voltase dalam mode senyap (mode siaga), sehingga masalah crash dapat dihindari.

Baca Juga: Intel Didenda Rp6 Triliun Karena Sengaja Mengalahkan AMD

Jadi, karena pembaruan ini terkait dengan motherboard, Intel menyatakan sedang bekerja sama dengan produsen komponen utama PC.

Hal ini dimaksudkan untuk segera memastikan fase upgrade 0x12B pada motherboard mereka, kata TheVerge kepada KompasTecno, Sabtu (28/9/2024).

Belum diketahui apakah ini merupakan pembaruan mikrokode terakhir atau akan ada pembaruan lainnya nantinya.

Detail selengkapnya mengenai pembaruan firmware 0x12B untuk chip atau prosesor Intel Core generasi ke-13 dan ke-14 dapat dilihat pada tautan di bawah ini.

Baca juga: Intel menjelaskan alasan prosesor Gen 13 dan Gen 14 tidak stabil

Masalah crash pada chip terbaru dari Intel

Seperti diberitakan sebelumnya, permasalahan kegagalan prosesor Intel Core generasi ke-13 dan ke-14 mulai muncul pada awal tahun ini, namun mulai santer terdengar pada pertengahan tahun 2024. 

Intel telah mengakui hal ini, dan mereka mengatakan bahwa itu adalah bug dalam pengaturan komputer yang menyebabkan prosesor mengalami tekanan berlebihan.

Akibatnya, prosesor dapat mengalami degradasi bertahap, yaitu kerusakan fisik, yang dapat menjadi tidak stabil dan dalam beberapa kasus mengalami crash.

Intel tidak merinci jumlah prosesor Intel Raptor Lake yang terkena dampak masalah voltase ini. Namun menurut juru bicara Intel Thomas Hannaford, prosesor Intel Core generasi ke-13 dan ke-14 merupakan varian K/KF/KS dan 65W merupakan non-K.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top