Pesan Paus Fransiskus di Istana: Perjuangkan HAM, Puji Bhinneka Tunggal Ika

JAKARTA, virprom.com – Paus Fransiskus meninggalkan sederet pesan dan kesan saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4 September 2024).

Pemimpin Tertinggi umat Katolik itu tiba di Istana Kemerdekaan dengan mobil Innova Zennix berwarna putih pada pukul 09:35 WIB.

Belakangan, Presiden Joko Widodo menerima Paus di teras Istana Kemerdekaan.

1. Tuhan memberkati Indonesia

Tak lama setelah resepsi di Istana Kemerdekaan, ia menulis tentang kesan pertama Paus ketika menandatangani buku tamu.

Berdasarkan pantauan virprom.com di tayangan YouTube Sekretariat Presiden, ia menghabiskan waktu hampir empat menit untuk menuliskan pemikiran dan doanya.

Buku tamu ini biasanya ditandatangani oleh kepala negara yang sedang melakukan kunjungan kenegaraan untuk bertemu Presiden Jokowi.

Dikutip dari akun Instagram @vatikannews, pesan yang ditulis Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Universal itu dalam bahasa Italia diakhiri dengan bahasa Inggris.

“Immerso nella bellezza di questa Terra, luogo di incontro aDialogo tra Culture and Religion other, auguro al popolo Indonesiao di crescere nella fede, nella fraternità nella welas asih!”

Jika ditilik dari bahasa Inggris, arti dari prasasti tersebut adalah “Menenggelamkan keindahan negeri ini, tempat perjumpaan dan dialog antar berbagai budaya dan agama, semoga masyarakat Indonesia semakin bertumbuh dalam keimanan, persaudaraan dan kasih sayang. Memberkati Indonesia!”

BACA JUGA: Momen Empat Menit Paus Isi Buku Tamu di Istana, Termasuk Doa untuk Indonesia

Pesan Paus yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia mengakui keindahan Indonesia, tempat bertemu dan berdialognya berbagai budaya dan agama.

Tak lupa, ia menyampaikan harapan agar Indonesia tumbuh dalam keimanan dan persaudaraan.

Tenggelam dalam keindahan negeri ini, tempat perjumpaan dan dialog antar budaya dan agama yang berbeda, saya berharap masyarakat Indonesia dapat tumbuh dalam keimanan, persaudaraan, dan kasih sayang. Tuhan memberkati Indonesia!

Kesan

Ketertarikan terhadap Indonesia juga diungkapkan Paus dalam pertemuan bilateral (balcony talk) yang digelar di balkon istana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top