Pembangunan IKN Baru 15 Persen, Grace Natalie: Ini Proyek Besar, Luasnya 4 Kali Jakarta

JAKARTA, virprom.com – Staf Khusus Presiden Grace Natalie buka suara soal perkembangan Ibu Kota Indonesia (IKN) yang hanya 15 persen pada 17 Agustus 2024.

Grace mengatakan IKN merupakan proyek besar yang membutuhkan waktu untuk dibangun. IKN juga mempunyai luas empat kali lipat dari Jakarta.

“IKN itu 4 kali lipat luas Jakarta, proyek yang sangat besar,” kata Grace kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Grace mengatakan IKN merupakan proyek jangka panjang yang pembangunannya memakan waktu bertahun-tahun, misalnya 15-20 tahun.

Saat ini pengembangan IKN masih dalam tahap awal.

Baca juga cerita ini: Lima pengusaha mengikuti kampanye ke-7 di IKN

“Saat ini (pembangunan) tahap pertama (2022-2024). Artinya 15 persen. Tahap pertama ini salah satu tujuan yang dicapai Gedung Pemerintah, sebagian besar kantor Menteri Perhubungan, air dan listrik,” jelas Grace.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan progres pembangunan IKN secara keseluruhan pada 17 Agustus 2024 hanya 15 persen.

Oleh karena itu, dia meminta seluruh organisasi tidak menganggap IKN akan selesai pada hari itu, saat upacara kemerdekaan dijadwalkan digelar di Gedung Negara baru.

“Jangan disangka acara kita tanggal 17 Agustus ini sudah selesai, belum, banyak hal baru menurut saya. Tanggal 17 Agustus itu akan didasari semuanya mungkin 15%,” kata Ketua Samoa. . Jokowi sebelum bertolak ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (16/7/2024).

Baca juga: Gibran mengaku tak akan tinggal di rumah dinas Wakil Presiden di IKN dan Jakarta.

Menurut Kepala Pemerintahan, proyek besar seperti IKN sudah 2-3 tahun tidak dibangun. Pembangunan adalah proyek jangka panjang yang berlangsung 15-20 tahun.

Sementara itu, kata dia, IKN masih membutuhkan investasi. Sebab, Anggaran Gaji dan Pendapatan Negara (APBN) digunakan untuk mengembangkan sektor-sektor utama pemerintahan.

“(Pembangunan) mungkin 15-20 tahun, kita masih butuh investasi, masih butuh investor internal dan eksternal,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih cerita favorit Anda untuk Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top