Disebut “Cawe-cawe” pada Pilkada Jakarta, Jokowi: Saya Bukan Ketua Partai, Jangan Ditanya

KARAWANG, virprom.com – Presiden Joko Widodo menanggapi pemberitaan dirinya ikut campur (cawe-cawe) dalam Pilkada Jakarta 2024.

Hal ini terkait informasi yang menyebut Presiden Jokowi telah mengusulkan nama putra bungsunya, Kaesang Pangarep, ke partai koalisi politiknya agar bisa maju di Jakarta.

“Urusan Pilkada itu urusan parpol. Urusan pencalonan juga urusan parpol. Saya bukan ketua umum partai. Saya bukan pemilik partai, jadi jangan tanya saya,” kata Jokowi usai melantik Baterai Korea Selatan. dan Listrik. pabrik dan ekosistem kendaraan di Indonesia, PT Hyundai LG (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat, pada Rabu (3/7/2024).

Baca juga: Jokowi: Saya Belum Berikan Kaesang ke Siapapun

Saat itu, Presiden juga membantah kabar dirinya mengusulkan nama Kaesang Pangarep agar bisa diusung partai politik di Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Presiden, dirinya tidak pernah memberikan nama Kaesang kepada individu atau partai mana pun.

“Saya belum pernah tawarkan (Kaesang) ke siapa pun. Belum ke partai juga. Tanya ke partai,” kata Kepala Negara.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengungkapkan, Presiden Jokowi telah mengajukan nama putra bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk mendapatkan kursi di Pilkada Jakarta.

Aboe mengatakan, tawaran mendatangkan Kaesang tidak hanya ditujukan kepada satu pihak saja, melainkan banyak pihak.

Itu saja, saya sudah menawarkannya (Kaesang ke beberapa pihak). Sudah ditawarkan, kita lihat saja nanti, kata Aboe Bakar di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Aboe tak merinci pihak mana saja yang mengusulkan nama Kaesang.

Meski demikian, dia tidak membantah atau membenarkan bahwa PKS termasuk salah satu partai yang diusulkan.

“Cukup, cukup. (Milik) di mana-mana,” ujarnya.

Baca juga: Elektabilitas Kaesang Tinggi di Jateng, Gerindra: Kubu Jokowi, Kerabatnya Siap Kalahkan Prabowo

Aboe bungkam saat ditanya dari mana informasi tersebut berasal.

Menurutnya, praktik cawe-cawe merupakan hal yang lumrah terjadi di negara-negara politik. “Tidak, tidak,” katanya sambil berjalan pergi. Dengarkan berita terkini dan rangkaian berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top