Kunci Timnas Indonesia Singkirkan Malaysia, Lolos Final Piala AFF U19

Kompas

Tim asuhan Pelatih Indra Sjafri meraih kemenangan tipis 1-0 untuk mengantarkan Indonesia ke final, di mana mereka akan menghadapi Thailand.

Muhammad Alfarezi Buffon mencetak satu-satunya gol kemenangan Indonesia.

Alfarezi Buffon memanfaatkan kemelut di depan gawang Malaysia pada menit ke-78 sebelum Muhammad Hajik Ayman bin Mohammed Ezra menjebol gawangnya.

Gol tersebut cukup untuk menghidupkan harapan Indonesia menjadi juara Piala AFF U19 2024.

Baca Juga: Final Piala AFF U19 Indonesia 2024, Indra Sjafri berharap lagi untuk hoki Jatim

“Saya bersyukur bisa mencapai final, seperti yang saya katakan kemarin, itu berarti final kedua bagi saya di Jatim, menurut saya Jatim akan menjadi kota yang baik bagi saya,” kata Indra Sjafri.

Ia tak bisa menyembunyikan kegembiraannya karena mampu membawa Indonesia kembali ke final dan mengapresiasi kerja keras para pemain di lapangan.

Menurutnya, pada babak pertama Timnas Indonesia U19 yang menggunakan sistem 3-5-2 harus mengubah situasi permainan.

Baca Juga: Timnas U19 Indonesia Vs Malaysia: Indra Sjafri dan Kenangan Manis Piala AFF U19 2013

Pertama, kerja keras yang dilakukan pemain sejak menit pertama hingga menit ke-90 sangat berarti. Mereka bermain dengan kerja keras dan komitmen, sebelum pertandingan dan itu hal-hal yang harus ditiru, kata Indra Sjafri.

“Kami mengubah strategi dan perubahan itu membuat kami kalah 1-0 dari Malaysia. Respon kami atas apa yang dilakukan Malaysia pada pertandingan itu, alhamdulillah berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada kekurangan di tim Malaysia yang benar-benar ia analisa sepanjang babak pertama.

Tim pelatih dan ofisial melihat babak pertama, apa yang terjadi, bagaimana permainan Malaysia, kemudian tim analisis dan pelatih berdiskusi.

“Ada celah yang digunakan, di mana kami berada di tepi babak pertama, kami kehilangan satu pemain, setelah itu saya meminta asisten pelatih untuk masuk dalam dua sayap dan kami mengubah sistem menjadi 3-4-3, menarik seorang gelandang dan seorang striker, dan alhamdulillah jawabannya. “Respon kami terhadap situasi berjalan sesuai rencana,” kata Indra Sjafri.

Baca Juga: Semifinal Piala Asia U19 2024, Indonesia Bikin Pelatih Malaysia Tak Bisa Tidur

Alhasil, gol tersebut tercipta usai upaya menekan pertahanan Malaysia dan memperkuat zona sayap.

Kebingungan di depan gawang dimanfaatkan karena gol Muhammad Alfarezi Buffon pada menit ke-78 mengantarkan Indonesia ke final.

Berikutnya, Indonesia akan menghadapi Thailand pada final Piala AFF U19 2024 besok Senin (29/7/2024) di Gelora Bang Tomo Kota Surabaya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top