Wapres Ma’ruf Amin Resmikan GIIAS 2024

TANGERANG, virprom.com – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin (WAPRES) pada Kamis (18/7/2024) meresmikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Dengan demikian, pameran otomotif tahunan di BSD International Convention Exhibition (ICE) resmi dibuka pada 18-28 Juli 2024.

“Mengingat tingginya investasi dan penyerapan tenaga kerja sebanyak 1,5 juta orang, industri otomotif menjadi motor penggerak perkembangan industri nasional,” kata Maroof di ICE BSD, Tangerang.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, “Untuk itu, kapasitas industri nasional harus ditingkatkan agar tidak hanya mampu memenuhi pasar nasional, tetapi juga ekspor.”

Wapres meyakini industri otomotif mampu berkontribusi dalam upaya Indonesia mencapai “Indonesia Emas” pada tahun 2045.

Baca juga: Kapan Tarif Khusus Asuransi Mobil Listrik Berlaku?

“Acara ini akan menjadi peluang untuk menjadikan industri otomotif lebih kuat dan kompetitif,” kata Maroof Amin.

“Dengan mengucapkan Bismillah, saya resmi membuka program GIIAS ke-31 tahun ini,” kata Maroof Amin.

Di sisi lain, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan industri otomotif nasional masih memiliki potensi besar sebagai inkubator industri investasi.

Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) kendaraan produksi dalam negeri terus meningkat, bahkan beberapa model mencapai 80 persen.

“Produksi kita juga meningkat untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri. Pada 2023, ekspor kita mencapai 570.000 unit yang mencakup lebih dari 93 negara tujuan,” kata Nangoi.

Terkait dengan pertumbuhan tersebut, pameran GIIAS terus berkembang. Misalnya, sedikitnya 55 merek otomotif ikut serta dalam pameran tahun ini.

Perusahaan otomotif tersebut meliputi 31 merek mobil, 20 merek sepeda motor, dan 4 merek kendaraan negara. Dari seluruh nama yang ikut, ada 13 wajah baru.

“GIIAS 2024 memecahkan rekor pameran terbesar dan jumlah peserta terbanyak,” kata Nangoi. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top