Penyebab Motor Sulit Dihidupkan meski Sudah Pakai Kick Starter

JAKARTA, virprom.com – Menghidupkan atau menghidupkan engkol merupakan salah satu bagian dalam menghidupkan mesin sepeda motor. Dengan perangkat ini, pengendara tetap bisa menghidupkan sepeda motor tanpa bergantung pada kendaraan listrik yang bergantung pada baterai.

Namun menghidupkan mesin sepeda motor seringkali bermasalah. Kondisi dimana sepeda motor tetap tidak mau hidup padahal sudah diperkirakan akan hidup.

Inspektur Diklat PT Wahana Makmur Sejati Wahyu Budhi mengatakan dalam keterangan resmi, Rabu (18/9/) “Jika ada masalah pada sistem start sepeda motor Honda, metode crank atau kick start bisa menjadi solusinya.” 2024).

Baca Juga: 10 Negara Bagian Memotong Pajak Mobil

Meski jarang digunakan, pelanggan tetap harus memperhatikan fitur ini agar dapat berfungsi meski dalam situasi darurat, ujarnya.

Wahyu menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa menstarter sepeda motor seringkali sulit.

Pertama, ada masalah pada sistem pengapian. Menurutnya, penerangan mobil perlu mendapat perhatian lebih.

Baca Juga: Suzuki Luncurkan Tiga Mobil Listrik, Tersedia MPV

Terutama busi, kabel pengapian atau CDI, karena bagian-bagian tersebut mempunyai fungsi utama sebagai penyalur api ke dalam ruang bakar.

Sekarang klep sepeda motor sudah terpasang. Jika ada masalah pada bagian tersebut, maka katup tidak akan membuka atau menutup sepenuhnya sehingga bahan bakar tidak dapat masuk ke rumah mesin dengan baik.

Sekarang masalahnya adalah karbonatornya. Seperti yang Anda ketahui, tugas karburator adalah mencampurkan udara dan bahan bakar di dalam ruang mesin.

Baca juga: Lebih Baik Main Starlet di Box atau Capsule untuk Pemula?

“Jika bagian tersebut kotor atau rusak maka aliran oli akan terganggu,” kata Wahiu.

Filter udara yang kotor juga menjadi penyebab sepeda motor tidak bisa dihidupkan. Kondisi ini mengakibatkan campuran udara-bahan bakar kurang optimal sehingga berdampak pada kualitas pembakaran ruang mesin.

Terakhir, baterai lemah karena terus digunakan hingga habis. Jika iya, solusinya adalah dengan mengisi baterai atau menggantinya dengan yang baru.

“Aki yang rusak dapat menyebabkan listrik tidak mengalir dengan baik sehingga membuat sepeda motor sulit dihidupkan,” ujarnya. Dengarkan berita dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita WhatsApp virprom.com favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top