Apa yang Dirasakan Ketika Sakit Jantung? Berikut 20 Daftarnya…

virprom.com – Penyakit jantung tidak hanya ditandai dengan nyeri dada. Beberapa hal yang Anda rasakan saat mengidap penyakit jantung mungkin terlihat seperti gangguan kesehatan pada umumnya sehingga sering kali terlambat diketahui.

Misalnya, penderita penyakit jantung mungkin akan mengalami kelelahan, sakit kepala, dan demam, sama seperti saat terkena flu.

Untuk itu, perhatikan beberapa gejala jantung yang tidak boleh diabaikan.

Baca juga: Apakah Stres Mempengaruhi Jantung? Berikut penjelasan dokter

Menurut WebMD dan British Health Foundation, berikut 20 tanda penyakit jantung yang harus diwaspadai: Palpitasi atau detak jantung tidak teratur Sesak napas karena jantung tidak mendapat cukup oksigen untuk memompa Darah tidak terpompa dengan baik Nyeri atau rasa tidak nyaman di dada, terasa tajam dan menusuk. Rasa sakitnya bisa menyebar ke bahu, lengan, dan perut bagian atas. Perasaan tercekik di tenggorokan dan dada saat melakukan aktivitas fisik. bahkan jika Anda tidak melakukan aktivitas fisik yang berat Mendengkur keras yang terdengar seperti asma Batuk berkepanjangan yang menghasilkan dahak berwarna putih atau merah Pembengkakan pada tumit dan/atau pergelangan kaki karena jantung tidak memompa darah dengan baik Nyeri pada tubuh bagian atas mungkin terasa seperti tertekan , sesak dan nyeri. Biasanya terjadi pada bahu, lengan, punggung, dan leher Perasaan cemas, takut, atau serangan panik mendadak Kelemahan pada wajah Peningkatan berat badan dalam waktu singkat, misalnya dalam waktu 24 jam karena retensi cairan Demam atau kenaikan berat badan pada suhu tubuh yang tinggi mungkin terjadi merupakan gejala penyakit reumatik jantung, perikarditis dan serangan jantung.

Orang yang memiliki gejala penyakit jantung sebaiknya mengunjungi rumah sakit untuk diagnosis dan pengobatan sesuai anjuran dokter.

Baca juga: IDI Sebut Susu Ikan Kaya Omega-3, Baik untuk Jantung dan Otak

  Apa itu tes jantung?

Pemindaian jantung dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: Tes treadmill: Tes yang dilakukan saat pasien melakukan aktivitas fisik untuk mendeteksi penyakit jantung CT scan: Tes non-invasif yang menggunakan teknologi tomografi komputer untuk menghasilkan gambar 4D dari jantung. jantung dan pembuluh darah. Kateterisasi jantung adalah prosedur invasif di mana kateter atau tabung kecil dimasukkan ke dalam pembuluh darah di jantung. Elektrokardiogram (EKG): Pemeriksaan untuk mendeteksi aktivitas listrik jantung, ritme, dan gejala serangan jantung untuk mengetahui jenis penyakit jantung yang diderita pasien. Angiografi: proses pemeriksaan dengan memasukkan alat berbentuk kamera ke dalam pembuluh darah jantung. untuk melihat apakah ada penyumbatan.

Dari pemeriksaan jantung di atas, ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan sejak dini sebagai upaya pencegahan penyakit jantung, yaitu EKG, CT scan, ekokardiografi, dan tes treadmill.

Baca juga: Mencegah Masalah Detak Jantung Tidak Teratur atau Serangan Jantung Dengarkan berita terkini dan berita langsung pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top