Jangan Ditiru, Video Honda CBR250RR Pakai Ban Botak

JAKARTA, virprom.com – Video seorang pria di media sosial memperlihatkan pengendara Honda CBR250RR menantang “kematian”. Bukan karena berkendara ugal-ugalan melainkan karena menggunakan ban gundul.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Indoriderup150, terlihat ban belakang pengemudi sangat tipis sehingga terlihat ulir atau ulir pada ban tersebut.

Baca juga: Ini Ritual Transisi Saat Berkendara di Jalan Dua Arah

Benang bagian dalam tabung membentuk pola menyerupai sisik ular, di tengah ban.

Lokasi dan waktu kejadian tidak diungkapkan dalam video tersebut. Rupanya, pengendara sepeda motor tersebut tidak memakai plat nomor sehingga sulit mengenali kendaraannya.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan penggunaan ban gundul sama saja dengan kelalaian.

Ban tipis kehilangan daya cengkeram di aspal. Ban mudah tergelincir dan bisa menimbulkan kecelakaan, apalagi jika sepeda motor tidak bocor, kata Dodi, namanya virprom.com, Selasa (8/5/2024).

Baca juga: Berkendara Agresif, Cuma Motor Cepat Rusak

Penyebabnya adalah ban gundul sudah tidak mempunyai traksi atau grip sehingga rem bergerak. Ketika rem ban tidak sesuai dengan kebutuhan pengemudi atau perangkat pengereman.

Ban gundul juga berbahaya saat hujan karena tidak bisa mengalirkan air, apalagi jika hujan deras dan belum kering, jalanan licin dan mudah tergelincir, ujarnya. 

 

Selain rem, ban kempes seringkali menjadi bahaya di jalanan kota besar seperti Jakarta. Seperti diketahui, jalanannya bermacam-macam, ada yang bagus, ada yang berlubang pasir dan ada paku.

Pada dasarnya ban mempunyai fungsi untuk membawa beban, menahan guncangan dan sebagai alat pengaman.

Baca Juga: Hyundai Ioniq 6 Facelift Tertangkap Kamera Saat Uji Jalan

Ketiga faktor tersebut harus dipahami agar pengendara memahami bahwa ban memiliki pekerjaan yang lebih berat dibandingkan mesin.

“Kalau kena paku, bannya langsung mati atau dengan kata lain meledak. Ini berbahaya,” kata Dodi. Dengarkan berita dan cerita terpopuler yang kami pilih langsung di ponsel Anda gabung di Channel WhatsApp- virprom.com : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top