Pemerintah Buka Lowongan CPNS di IKN untuk 2.000 Putra-Putri Daerah Kalimantan

JAKARTA, virprom.com – Pemerintah memberikan putra-putri masyarakat adat Kalimantan 5% suara pada Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Menteri Pemberdayaan Perangkat dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas mengatakan penerima sertifikat tersebut nantinya akan ditugaskan di Ibu Kota Negara (IKN).

“Intinya pemerintah pusat akan memberikan pengakuan kepada putra-putri Kalimantan. Tahap awal akan diberikan penghargaan sebesar 5 persen kepada putra-putri Kalimantan yang berprestasi,” kata Anas, Senin, di Istana Kepresidenan, Jakarta. (Juli 2024).

Anas mengatakan, daftar 40.021 organisasi CPNS kementerian/lembaga yang akan dialihkan ke IKN mencakup suara setuju 5%.

BACA JUGA: Menteri Basuki mengatakan pembangunan IKN sudah selesai 82% dan 12 tower untuk ASN akan selesai pada Juli 2024.

 

Artinya, akan ada 2.000 putra-putri terbaik Kalimantan yang masuk CPNS IKN, artinya 2.000 putra-putri terbaik Kalimantan akan diberikan ruang pengukuhan untuk menjadi CPNS lulusan baru IKN. katanya.

Selain itu, pemerintah berencana membuka lowongan mutasi ASN dengan menggunakan sistem transfer pemerintah daerah (pemda) atau pemerintah daerah khusus di wilayah IKN.

Anas mengatakan, hal itu dilakukan melalui proses seleksi yang terbuka dan kompetitif.

Pejabat yang berwenang di IKN akan mengumumkan hasil seleksi di kemudian hari.

Baca juga: Mendagri Sebut 178 ASN Sudah Ajukan Transfer ke IKN.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan ASN di IKN, pemerintah berencana melakukan mutasi ASN dari kementerian dan lembaga pusat.

Senin sore, Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta beberapa menteri lainnya untuk membahas pengalihan ASN ke IKN.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden meminta Anas menyusun aturan rinci terkait peralihan ASN ke IKN.

“Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi diminta menyiapkan aturan peralihan (dari ASN) ke IKN secara tegas dan rinci,” kata Anas.

  Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top