Kopling Mobil Manual Ngempos, Jangan Dipaksa Jalan

SLEMAN, virprom.com – Kebanyakan mobil bertransmisi manual dilengkapi dengan kopling yang dikendalikan oleh sistem hidrolik tanpa menggunakan kabel atau kabel.

Ada risiko penurunan kinerja kopling. Sistem kopling tidak mampu menekan pegas sepenuhnya dan menghentikan putaran mesin.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta, Hardi Vibowo mengatakan, ada beberapa jenis masalah yang dapat mempengaruhi kinerja sistem kopling penggerak hidrolik.

Baca juga: Perlukah Injak Pedal Kopling Untuk Mengubah Posisi Tuas Persneling Pada Mobil Transmisi Manual?

Misalnya ada false air atau kemampuan kapten lemah maka kemampuannya dalam menekan pegas bisa berkurang, bahkan bisa retak atau pedal tidak bisa dikembalikan, kata Hardi kepada virprom.com, Sabtu (8). /6/2024).

Hardi mengatakan, jika sistem hidrolik rusak, tenaga tidak bisa tersalurkan dengan baik sehingga mengakibatkan tuas persneling menjadi kaku saat dioperasikan.

“Jika mesin tidak mati karena kopling bermasalah, tuas persneling keras atau sulit diaktifkan. Sama saja pengemudi tidak menekan pedal kopling karena putaran mesin masih terhubung dengan input poros transmisi. , ” kata juru bicara itu. kata Hardy.

Baca Juga: Tanda Kopling Mobil Transmisi Manual Anda Perlu Diganti

Hardi mengatakan, jika kondisi ini dipaksakan, komponen transmisi internal akan rontok saat tuas transmisi manual didorong atau ditarik.

“Di antara poros dan roda gigi banyak sekali komponen yang berbentuk bantalan pipih, jika diberi tekanan bantalan tersebut akan lepas, ini hanya satu kemungkinan, ada kemungkinan lain, karena putaran antar roda gigi tidak bisa mulus. , ”katanya. Kuat.

Jadi ketika kopling mobil dalam keadaan kosong, sebaiknya pengemudi tidak memaksa mobil untuk terus melaju, karena meskipun pedal kopling diinjak, tenaga sebenarnya tidak akan cukup untuk menghentikan putaran mesin. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top