Gus Halim Sebut Teknologi Tepat Guna Punya Ciri Khas Berbasis Kearifan Lokal dan Berkelanjutan

virprom.com – Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Desa Migrasi Abdul Halim Iskandar menegaskan, teknologi yang tepat akan terus dibutuhkan meski perkembangan teknologi semakin pesat.

Gus Halim, sapaan akrabnya, menyatakan bahwa teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal dan berkelanjutan di semua perangkat.

“Menurut saya, teknologi yang tepat tidak akan pernah kehilangan relevansinya seiring dengan semakin canggihnya teknologi,” ujarnya dalam siaran pers virprom.com, Senin (15/7/2024).

Ia mengungkapkan, ada satu hal yang membedakan teknologi tepat dengan teknologi lainnya, yaitu kearifan lokal yang mampu menjawab berbagai tantangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat skala mikro.

Baca Juga: PNM Ajak PPI Dunia Bantu Ekonomi Ultra Mikro di Indonesia

Pernyataan tersebut disampaikan Gus Halim saat memberikan pengarahan pada Malam Persahabatan Pejuang Inovasi di Teras Udayana, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (14/07/2024).

Ia menjelaskan: dengan fokus pada keberlanjutan dan beradaptasi dengan budaya lokal, teknologi yang tepat dapat terus berkembang dan berinovasi sesuai dengan perubahan kebutuhan masyarakat desa, sehingga kepentingannya tidak pernah berkurang.

“Teknologi yang tepat selalu dikaitkan dengan berbagai kebutuhan dan tantangan yang dihadapi masyarakat di tingkat desa. Oleh karena itu, teknologi yang tepat tidak akan pernah ketinggalan zaman,” kata Gus Halim.

Teknologi tepat guna dirancang agar sesuai dengan pertimbangan lingkungan, etika, budaya, sosial, politik dan ekonomi masyarakat lokal.

Baca juga: Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Melalui Bhayangkara Riau 2024

Selama 25 tahun memperkenalkan teknologi yang tepat, setiap pencapaian selalu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan warga tanpa meninggalkan warisan budayanya.

Poin penting dari teknologi yang tepat adalah dapat menyelesaikan permasalahan masyarakat. Hal ini berlaku pada ketahanan pangan, revitalisasi perekonomian dan aspek lain terkait kemandirian desa.

Sekadar informasi, hadir dalam kesempatan tersebut Paiman Raharjo, Wakil Menteri yang membidangi Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Migrasi (Wamendes PDTT), serta pejabat senior berbagai kementerian dan lembaga, pimpinan daerah, anggota dewan, walikota, dan pendamping desa. . saat ini

Baca Juga: Pendamping Desa di Kabupaten Semarang Dipaksa Dukung Partai Politik dan Tokoh Tertentu

Tentara Nasional Indonesia (TNI) (Pj) Gubernur (Purn) Hassanudin dan Wali Kota Mataram Mohan Roliskana turut mendampingi Gus Halim dalam Upacara Penganugerahan Kompetisi Teknologi Tepat Guna Provinsi (TTG) Tahun 2024, dimana berita-berita terkini dan apa yang kami sajikan langsung dari sana disimpan di ponsel Anda. . Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top