Perawatan Rem ABS Motor untuk Keamanan Berkendara Optimal

JAKARTA, virprom.com – Sistem pengereman anti-lock (ABS) merupakan salah satu fitur keselamatan rem yang kini banyak dipasang pada kendaraan bermotor modern.

Sistem ini dirancang untuk mencegah roda terkunci saat pengemudi menginjak rem secara tiba-tiba, untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan kendaraan.

Meski memberikan keamanan tambahan, perawatan rem ABS tidak boleh diabaikan untuk memastikan performa terbaiknya.

Baca juga: Nissan Serena e-Power Pamer di Surabaya

Menurut Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, perawatan rem ABS memerlukan perawatan khusus.

Sistem pengereman ABS mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, menjaga keseimbangan sepeda, dan memudahkan pengendalian, kata Wahyu Budhi kepada virprom.com, Kamis (29/8/2024).

Waheo menjelaskan, langkah penting dalam merawat rem ABS adalah dengan mengganti minyak rem secara berkala sesuai anjuran pabrikan.

“Ganti minyak rem secara rutin sesuai anjuran pabrikan, periksa ketinggian cairan, dan periksa kebocoran sistem rem untuk menjaga performa tetap optimal.”

Selain itu, pemilik kendaraan atau pengemudi juga harus selalu mewaspadai kondisi sistem rem.

Baca Juga: Hyundai akan produksi mobil hybrid dari segmen rendah hingga tinggi

Jika indikator ABS menyala segera periksakan ke bengkel resmi Honda AHASS untuk memastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik, kata Waheo.

Langkah ini penting untuk mencegah terjadinya kegagalan fungsi pada sistem pengereman yang dapat membahayakan keselamatan pengemudi. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top