Retno Marsudi di Hadapan PBB: Akui Negara Palestina Saat Ini Juga

New York, virprom.com – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi meminta negara-negara dunia segera mengakui negara Palestina sebagai langkah penting menuju solusi dua negara.

Permintaan tersebut disampaikan Retno pada Pertemuan Tingkat Menteri mengenai situasi di Gaza dan implementasi solusi dua negara pada sidang ke-79 Majelis Umum PBB di New York, AS, Kamis (26/9/2024).

“Pengakuan terhadap negara Palestina sangat penting. Mengapa Karena dia memberikan harapan kepada rakyat Palestina. …Dan yang paling penting, ini adalah satu-satunya cara untuk memberikan tekanan politik pada Israel untuk menghentikan kekejamannya,” katanya seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Menlu RI Retno Marsudi Beri Nama Bunga Tulip Belanda

Namun menurut Retno, beberapa negara yang diundangnya justru menyatakan hanya akan mengakui Palestina jika waktunya tepat.

“Kapan waktu yang tepat? Sekarang adalah waktu yang tepat untukku. Saat yang tepat adalah sekarang. “Kita tidak perlu menunggu sampai seluruh warga Palestina mengungsi dan seratus ribu orang terbunuh untuk mengatakan ini adalah saat yang tepat,” katanya.

Pada sesi lainnya, menjelang pertemuan tingkat menteri dukungan Badan Pengungsi Palestina PBB (UNRWA), Indonesia kembali menegaskan dukungan penuh terhadap Badan Pengungsi Palestina PBB.

“Sulit membayangkan seperti apa situasi kemanusiaan (di Palestina) saat ini jika UNRWA tidak ada di lapangan,” kata Menlu.

Menurut Retno, dua hal utama untuk mendukung UNRWA adalah dukungan politik dan dukungan pendanaan.

Dukungan politik diperlukan untuk memastikan UNRWA tidak bergantung pada tekanan politik, karena ancaman terhadap UNRWA sama saja dengan ancaman terhadap kemanusiaan, menurut Retno.

Baca juga: Retno Marsud Menjadi Wakil Khusus Sekjen PBB Pertama dari Indonesia

Sementara untuk dukungan pendanaan, Indonesia telah memberikan contoh nyata dengan menggandakan kontribusi tahunannya ke UNRWA pada tahun 2024. Dengarkan berita dan update pemilu kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top