8 Cara Mengendalikan Emosi Sedih agar Tak Berlarut

virprom.com – Semua orang merasa sedih. Saat kesedihan datang, terkadang kita sulit mengendalikannya dan konsentrasi kita dalam mengerjakan tugas sehari-hari pun kerap terganggu.

Namun, penting untuk memastikan bahwa kesedihan itu tidak berlangsung lama. Pahami apa yang membuat kita merasa sedih sehingga kita bisa belajar mengendalikannya.

“Kabar baiknya adalah kita tahu ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengelola kesedihan,” kata profesor psikologi dan manajemen Universitas Michigan di Ann Arbor Ethan Kross, PhD, seperti dilansir Everyday Health.

Baca juga: Bagaimana cara mengontrol emosi yang benar agar tidak meledak?

Namun perlu ditekankan bahwa tidak ada satu metode pun yang pasti berlaku untuk semua orang. Mungkin kita harus mencobanya satu per satu untuk menemukan solusi terbaik untuk mengendalikan kesedihan kita. Cara mengendalikan emosi sedih 1. Ubah cara pandang Anda

Ketika kita tidak bisa merasakan kesedihan, kita sering melakukan kesalahan dan percaya bahwa pekerjaan yang kita lakukan adalah benar.

Kesedihan sebenarnya merupakan emosi yang berguna untuk memberikan informasi tentang apa yang terjadi.

Misalnya saja kamu sedang sedih karena merasa sendirian dan tidak punya teman untuk berbagi cerita. Momen itu bisa menyadarkan kita bahwa kita perlu mulai bersosialisasi dan membuka diri.

Profesor psikologi Universitas Nevada, Reno Steven C Hayes, PhD, yang memelopori Terapi Penerimaan dan Komitmen, mengatakan bahwa ketika kita merasa sedih, menerapkan perspektif ini dapat memberikan konteks kesedihan yang kita rasakan dan mengubah cara kita memikirkan perasaan tersebut .

Baca juga: 5 Cara Sederhana Kelola Emosi di Tempat Kerja

Ini adalah strategi manajemen emosi yang didukung oleh bukti ilmiah yang oleh para peneliti psikologi disebut sebagai penilaian ulang kognitif. Strategi ini melibatkan penyusunan ulang cara kita memandang suatu situasi agar tidak terlalu menyusahkan. 2. Latih pikiran

Praktik mindfulness atau kewaspadaan memungkinkan kita untuk lebih fokus pada fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan penerimaan terhadap kondisi apa pun yang kita hadapi saat ini.

Melatih kewaspadaan dapat membantu Anda mengatasi sejumlah emosi yang menantang dengan lebih baik.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mindfulness dapat membantu Anda menghadapi berbagai emosi, termasuk kesedihan.

Sebuah studi tentang pelatihan mindfulness terhadap 171 orang yang diterbitkan dalam Behavior Research and Therapy pada bulan April 2017 menemukan bahwa setelah pelatihan, orang-orang menjadi lebih mampu mengatur perasaan sedih mereka seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 10 Latihan Mindfulness untuk Mengatasi Kecemasan

Hal ini terutama berlaku jika dibandingkan dengan teknik lain, seperti menekan perasaan tersebut. 3. Identifikasi perasaan

Saat kita merasa sedih, akan sangat membantu jika kita bisa mengidentifikasi perasaan tersebut melalui tiga langkah, yaitu realisasi, pelabelan, dan normalisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top