Telkomsel Hyper AI Optimasi Jaringan Tanpa Tenaga Manusia di PON 2024

JAKARTA, virprom.com – Telkomsel kini telah menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) atau yang disebut Hyper AI di seluruh operasional jaringan dan layanan pelanggannya.

Hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh proses deteksi dan penanganan permasalahan jaringan, respon keluhan pelanggan serta pengalaman penggunaan layanan Telkomsel berjalan efisien, lancar dan maksimal. 

Hyper AI sendiri mulai diterapkan Telkomsel pada tahun lalu dan telah diterapkan di beberapa event besar di Indonesia.

Salah satunya adalah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (POIN) XXI 2024 Aceh – Sumatera Utara (Sumut) pada 9-20 September lalu. 

Dalam hal ini, VP Global Network Operations, Galumbang Pasaribu mengatakan Hyper AI mampu melakukan tugas otomatisasi dan optimalisasi jaringan tanpa bantuan manusia dengan total 298 tugas per hari. 

Baca juga: 6 Cara Verifikasi Nomor HP Telkomsel Jika Lupa, Cepat dan Mudah

Optimalisasi yang dilakukan AI dilakukan pada 139 titik sibuk (POI) PON XXI 2024 Aceh – Sumut yang meliputi fasilitas olahraga, jalan raya di Aceh dan Sumut, wisma atlet dan tempat-tempat lain yang berkaitan dengan pelaksanaan PON. 

“Pada PON XXI 2024 Aceh – Sumut, Hyper AI dapat mengurangi hingga 97% tugas optimalisasi jaringan yang sebelumnya dilakukan secara manual,” kata Galumbang pada acara peluncuran Hyper AI di Telkomsel Smart Office, Kamis (26/9/2024). . . ).

Berkat penggunaan kecerdasan buatan, penanganan permasalahan yang terjadi pada saat ajang olahraga juga menjadi 9 kali lebih cepat dan jumlah pengaduan terkait gangguan mengalami penurunan sebesar 4% dibandingkan ajang yang sama tahun-tahun sebelumnya, tambah Galumbang.  Hyper AI selama acara dan momen lainnya

Selain PON XXI 2024 Aceh – Sumut, Hyper AI juga digunakan untuk mengoptimalkan kualitas jaringan pada upacara IKN pada 17 Agustus. 

Dalam hal ini, Hyper AI dapat menangani 226 tugas optimasi jaringan per hari di total 33 POI yang tersebar di dan sekitar Wilayah Ibu Kota Negara (NCA) di Kalimantan Timur. 

Selain itu, Hyper AI juga membantu mengurangi tugas manual hingga 95%, meningkatkan manajemen masalah 5x lebih cepat, dan mengurangi total keluhan pelanggan hingga 25%. 

Selain pada PON XXI 2024 Aceh – Sumut dan upacara IKN 17 Agustus, Hyper AI juga digunakan pada saat-saat penting seperti Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, serta Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024. 

Baca juga: Telkomsel Umumkan Hyper AI, Implementasi Kecerdasan Buatan di Seluruh Aspek Bisnis

Hingga Natal 2023, total tugas dan optimalisasi yang dilakukan Hyper AI mencapai 3.224 tugas, dengan penyelesaian manual berkurang hingga 60%, penyelesaian masalah 4,8 kali lebih cepat, dan pengurangan keluhan mencapai 28%. 

Sedangkan pada RAFI 2024, tugas yang dilakukan Hyper AI mencapai 4.698 tugas, dengan total pengurangan tugas manual mencapai 90%, peningkatan respon 6 kali lebih cepat, dan penurunan keluhan masalah mencapai 22%. 

Selain di atas, Hyper AI juga digunakan pada acara-acara yang berpotensi menarik perhatian banyak orang, seperti pertandingan sepak bola atau konser musik. 

“Hyper AI hadir di berbagai acara dan momen penting untuk memberikan kualitas jaringan dan layanan pelanggan yang lebih baik dari sebelumnya,” jelas Galumbang.

“Dengan begitu, pelanggan juga akan merasakan pengalaman menggunakan Telkomsel dengan lebih baik,” pungkas Galumbang. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top