Wanita Paling Hemat di Jepang, Hanya Habiskan Rp 21.000 Per Hari, Saat Ini Sudah Beli 3 Rumah

 

TOKYO, virprom.com – Saki Tamogami, seorang agen real estate berusia 37 tahun, dikenal sebagai wanita paling hemat di Jepang karena ia bertekad mengeluarkan uang sesedikit mungkin untuk hal-hal seperti makanan, pakaian, dan perawatan pribadi.

“Jangan pernah membeli apa pun yang tidak untuk dijual!” Ini telah menjadi moto Saki Tamogami selama 15 tahun terakhir.

Dia mengatakan hal itu membantunya menabung cukup untuk membeli tiga rumah, sebuah tujuan yang dia tetapkan ketika dia baru berusia 19 tahun.

Baca Juga: Orang Jepang 21 Tahun Hidup Sangat Hemat, Ini Cita-citanya

Menurut Oddity Central, hal pertama yang dia lakukan adalah berhenti membeli baju baru, malah menerima hadiah dari keluarga dan teman serta lebih merawat pakaian yang sudah dia miliki.

Setelah itu, dia mulai mengurangi belanja makanan dan hanya mengandalkan makanan murah seperti mie udon, roti panggang, dan lobak diskon untuk bertahan hidup.

Setelah 8 tahun hidup hemat, Tamogami mampu membeli rumah pertamanya dan pada tahun 2019 ia mencapai tujuannya untuk memiliki tiga rumah.

Pada tahun 2019, Saki Tamogami (37) muncul di program TV Jepang Happy! Bomby Girl, di mana dia mengejutkan seluruh Jepang dengan ketenangannya yang luar biasa.

Ia merinci keinginannya untuk menabung, mengungkapkan bahwa ia jarang melebihi anggarannya sendiri sebesar ¥200 (US$1,4 atau Rp. 21.000) per hari untuk makanan.

Untuk melakukan hal ini, ia mengandalkan bahan-bahan yang murah, sesekali membeli sepotong salmon untuk dijual, memasak makanannya sendiri di rumah, dan bahkan makan langsung dari wajan untuk menghemat biaya makanan.

Alih-alih membayar riasan atau rambut, Saki Tamogami menjadikan rambutnya sebagai sumber pendapatan, menjualnya dengan harga sekitar ¥3,100 (US$20) jika rambutnya cukup panjang. Itu bisa menutupi anggaran makanannya selama setengah bulan.

Baca juga: Wanita Ini Kencan 6 Kali Seminggu untuk Hindari Belanja Kelontong, Hemat Rp 250 Juta

Awalnya memang sulit, namun agen real estate asal Jepang ini mengaku mulai terbiasa dan merasa nyaman dengan kebiasaan menabungnya dan melihat rekening banknya bertambah.

Pada usia 27 tahun, Saki Tamogami berhasil menabung cukup banyak dari gaji agen real estatnya untuk membeli rumah di Saitama, utara Tokyo, seharga 10 juta yen ($69,000).

Dia segera menyewanya, melunasi hipotek dari sewa bulanan dan terus hidup sehemat mungkin. Dalam beberapa tahun, ia membeli rumah kedua seharga ¥18 juta (US$124,000), dan lima tahun lalu ia mencapai tujuannya membeli tiga rumah, membeli properti ketiga seharga ¥37 juta (US$256,000).

Baca juga: Kisah Heinz B, Miliarder yang Hidup Hemat dengan Makan Sampah

Meski tujuannya tercapai, Saki tetap hidup sederhana dan menabung untuk membantu kucing-kucing yang diselamatkan. Dia membuka kafe kucing di tanah salah satu rumahnya dan berencana berinvestasi di properti lain di masa depan.

Kisah Saki Tamogami mendapat reaksi beragam dari masyarakat, ada yang memuji pengorbanannya dan ada pula yang memperingatkan bahwa dia membahayakan nyawanya dengan mengonsumsi makanan berkualitas buruk dan mengabaikan kebutuhan sehari-hari demi keuntungan materi.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top