Di Iran dan Yaman, Ribuan Orang Demo Mengutuk Serangan Israel terhadap Lebanon-Gaza

TEHRAN, virprom.com – Ribuan orang berdemonstrasi di kota-kota Iran dan ibu kota Yaman pada Jumat (27/9/2024) untuk mengutuk serangan Israel ke Lebanon dan Gaza.

Kantor berita Iran IRNA melaporkan bahwa protes di Teheran dan kota-kota Iran lainnya pada hari Rabu adalah tanggapan terhadap seruan pihak berwenang untuk melakukan demonstrasi mendukung Hizbullah Lebanon.

Warga Iran juga berdemonstrasi mengutuk kejahatan Israel terhadap warga sipil di Gaza dan Palestina.

Baca juga: Apa yang Dilakukan Hassan Nasrullah Saat Israel Serang Kubu Hizbullah…

Tak hanya Hizbullah, kelompok Houthi Yaman juga menggelar demonstrasi yang melibatkan ribuan orang di Sana’a pada Jumat, sehari setelah Houthi menembakkan roket ke Israel.

Seorang jurnalis AFP melaporkan bahwa protes diadakan di sekitar Lapangan Enghelab di pusat kota Teheran setelah salat Jumat.

Para pengunjuk rasa membawa potret pemimpin Hizbullah Hassan Nasrullah, serta bendera Palestina dan Hizbullah.

Meratapi pertumpahan darah di Lebanon akibat serangan udara Israel, mereka berteriak, “Israel hancur. Lebanon menang.”

Para pengunjuk rasa juga membakar bendera Israel dan Amerika.

Televisi pemerintah menayangkan demonstrasi lainnya di Semnan, Qum, Kashan, Kermanshah, Shiraz dan Bandar Abbas.

Baca juga: Israel Klaim Bunuh Komandan Unit Rudal Hizbullah Mohammad Ali Ismail

Ribuan pengunjuk rasa mengacungkan senapan dan meneriakkan slogan-slogan di Sanaa, yang telah berada di bawah kendali kelompok Houthi yang didukung Iran selama satu dekade.

Mortada al-Mutawakkil, seorang pendukung Houthi, berkata, “Kami memberi tahu saudara-saudara kami di Lebanon bahwa Anda akan menang.”

“Perang ini bukan yang pertama atau yang terakhir dengan musuh Israel, tapi Insya Allah akan lebih menyakitkan bagi Israel dibandingkan perang tahun 2006,” imbuhnya.

“Tidak peduli berapa lama perang berlangsung, tidak peduli apa perangnya, kami bersama mereka, bersama seluruh rakyat Yaman, kami bersama rakyat Lebanon dan Palestina sampai kemenangan, Insya Allah,” jelas pengunjuk rasa lainnya, Mohammad Mushki. . .

Di Bahrain, sekutu Israel yang terus memblokir demonstrasi, dua demonstrasi mengutuk perang di Gaza dan kampanye pemboman di Lebanon.

Ratusan orang berbaris di sebuah desa di utara Manama untuk menyatakan solidaritas terhadap Gaza dan Lebanon, sementara puluhan orang di ibu kota mengibarkan bendera Palestina dan Lebanon dan menyerukan diakhirinya hubungan dengan Israel.

Baca juga: Serangan Israel terhadap Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrullah di Beirut, Apa yang Terjadi padanya?

“Rakyat menuntut diakhirinya normalisasi,” teriak mereka. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top