Pertamina Raih Penghargaan di InaBuyer 2024, Kado untuk Kebangkitan UMKM

virprom.com – Pertamina meraih Juara I Pasar Digital Usaha Kecil, Kecil, dan Menengah (PaDi UMKM) kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Buyer Awards 2024 di Batavia, Jumat (17). /5/2024).

Buyer Awards 2024 merupakan bagian dari Buyer B2B2G Expo 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Pameran ini merupakan acara B2B2G terbesar di Indonesia yang mempertemukan pembeli dari seluruh industri.

Penilaian PaDi UMKM tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada SVP Manajemen Pertamina Heri Murahmanta.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nike Vidyawati mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim Pertamina yang telah merekrut UMKM untuk kebutuhan bisnisnya.

Nike mengklasifikasikan hal tersebut sebagai argumen bahwa Pertamina serius dengan Undang-Undang BUMN (UU) untuk menjadi kekuatan terdepan sebagai industri nasional dan memperkuat UMKM.

“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan berperan dalam 95 persen angkatan kerja. Karena pentingnya UMKM, Pertamina terus aktif mendukung UMKM seperti BUMN untuk tumbuh dan maju di pasar global,” kata Nike dalam sebuah pernyataan. pernyataan yang dirilis pada hari Jumat.

Baca Juga: Program UMKM Pertamina Berikan Alat Produksi Tebu

Menurut Nike, berbagai inisiatif dan penguatan UMKM dilakukan Pertamina sebagai bagian dari implementasi UU Nomor 19 Tahun 2003.

“Sesuai UU BUMN, tujuan didirikannya BUMN antara lain memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional dan berperan aktif dalam mengelola dan mendukung usaha pada kelompok, koperasi, dan masyarakat kurang mampu secara ekonomi. Hal ini yang dilakukan Pertamina di seluruh Indonesia,” imbuh Nike.

Nike menambahkan, peran pengembangan UMKM dan industri lokal juga terlihat pada konsumsi barang dan jasa rumah tangga.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Pertamina dalam menggunakan Unit Tingkat Dalam Negeri (TKDN) di seluruh lini bisnis Pertamina Group yang mencapai USD 374 triliun setiap tahunnya.

“Pada tahun 2023, Pertamina Group akan menjadi penyumbang TKDN BUMN terbesar, mencapai hingga 50 persen dari total TKDN BUMN,” tegas Nike.

Atas pencapaian luar biasa tersebut, Pertamina dianugerahi Penghargaan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri Tahun 2024 kategori BUMN oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI di Meru Sanur, Bali pada 1 Maret 2024.

Baca Juga: Program UMKM Pertamina Berikan Alat Produksi Tebu

Fajar Joko Santoso, Vice President Corporate Communications Pertamina menambahkan, kontribusi ini juga merupakan dukungan dari Pertamina Indonesia.

Subsidi yang dimaksud adalah untuk berkontribusi pada timur emas Indonesia dengan memfasilitasi kemampuan produksi UMKM dan penggunaan energi dalam negeri.

“Penghargaan ini juga menjadi kado bagi Indonesia dalam menterjemahkan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). “Peran Pertamina tidak hanya sekedar mencapai target profit, namun kami juga ingin meningkatkan kekuatan pelaku industri lokal dan pelaku UMKM kelas dunia. jelas Fadjar.

Fadjar melanjutkan, Pertamina mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia. Keberhasilan implementasi transaksi pada tahun 2023 hingga April 2024 dijamin. Pertamina raih pemanfaatan UMKM PaDi sebesar Rp13,1 triliun.

Sekadar informasi, Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi berkomitmen mendukung target net zero emisi tahun 2060. Caranya dengan mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut selaras dengan penerapan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam seluruh aktivitas bisnis dan operasional. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top