Dasco Tegaskan KIM Plus Tak Terlibat dalam Lolosnya Calon Independen di Pilkada DKI

JAKARTA, virprom.com – Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan Aliansi Tertinggi Indonesia (KIM) Plus tidak mengganggu pengukuhan calon perseorangan pada Pemilihan Umum Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Dia menjelaskan, calon perseorangan gubernur (bacagub) dan wakil gubernur (bacawagub), Dharma Pongrekun dan Kun Wardana, sudah terdaftar sebelum KIM Plus terbentuk.

“Dalam situasi ini, KIM Plus sudah lama tidak terbentuk, sedangkan calon independen sudah lama mendaftar,” kata Dasco di Kompleks Bunge, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024) malam.

Baca juga: Tiket Pilkada Jakarta Dibeli Ridwan Kamil-Suswono, Ditinggal PDI Perjuangan Saja

Menurut Dasco, calon perseorangan juga merupakan bagian dari proses demokrasi. Ia tak heran jika calon independen berhasil lolos ke Pilkada DKI Jakarta.

Kalau melihat sejarah Pilkada DKI, ada salah satu kader kami yang ikut bertarung dan mendapat kualifikasi menjadi calon independen, ujarnya.

Dasco merujuk pada Ahmad Riza Patria yang maju sebagai calon wakil gubernur independen pada Pilkada DKI Jakarta 2012, bersama Hendardji Soepandji sebagai calon gubernur.

Baca juga: KPU Putuskan Tetapkan Dharma-Kun Independen untuk Pilkada Jakarta 2024

Diketahui, banyak Partai Politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD DKI Jakarta bergabung dengan KIM Plus untuk mendukung Ridwan Kamil-Suswono.

Sementara hanya PDI-P yang menyatakan tidak akan bergabung dengan KIM Plus. Namun, partai berlambang banteng itu tidak bisa menunjuk Bacagub dan Bacawagub sendiri karena tidak diwajibkan memiliki kursi di parlemen. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top