Amerika Serikat Larang Fitur Koneksi Smartphone pada Mobil China

JAKARTA, virprom.com – Amerika Serikat sangat tegas dalam segala hal yang berkaitan dengan keamanan nasional. Belum lama ini, Amerika Serikat dikabarkan akan melarang mobil China yang dilengkapi fitur konektivitas smartphone.

Dikutip dari Drive.com.au, Rabu (24/9/2024), Departemen Perdagangan AS diperkirakan akan mengajukan proposal yang melarang teknologi China pada kendaraan yang dapat terhubung melalui jaringan satelit atau seluler. Larangan tersebut juga akan mencakup kendaraan otonom buatan Tiongkok.

Baca juga: Mengenal Fitur Canggih Baru Omoda E5, Car Link O

Kabar ini muncul kurang dari dua minggu setelah AS menerapkan pajak 100% terhadap kendaraan listrik asal Tiongkok. Selain itu, AS juga menerapkan bea masuk sebesar 50 persen pada semikonduktor dan sel surya.

Sebelumnya, AS juga telah mengenakan tarif sebesar 25 persen terhadap baterai mobil listrik dan mineral asal China, seperti baja dan aluminium. Namun, AS masih mengizinkan produsen mobil AS memproduksi mobilnya di Tiongkok, dan menjualnya.

Setahun yang lalu, pimpinan sebuah perusahaan mobil Inggris secara terbuka mengatakan ada “masalah keselamatan serius” pada mobil listrik Tiongkok, dan menuduhnya sebagai “kuda Troya” yang dapat dinonaktifkan dari jarak jauh jika diinginkan.

Baca juga: Hyundai Santa Fe Gunakan Teknologi Bluelink

“Anda dapat membayangkan hasil terburuk secara teoritis jika Anda memiliki beberapa juta mobil di jalan dan perangkat lunaknya dinonaktifkan,” kata Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo.

Presiden AS Joe Biden mengatakan kendaraan asal China bisa membanjiri pasar mobil AS. Ia khawatir situasi ini bisa menjadi ancaman bagi keamanan nasional.

“Saya tidak akan membiarkan hal itu terjadi dalam pengawasan saya,” kata Biden.

Saat ini banyak sekali produsen mobil yang menawarkan fitur atau teknologi yang dapat menghubungkan smartphone ke mobil. Wuling punya MyWuling+, Chery dengan Car Link O, Hyundai juga punya Bluelink, dan masih banyak lainnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top