6 Juta Data NPWP Bocor Diharap Jadi Pelajaran buat Para Pejabat

JAKARTA, virprom.com – Enam juta data wajib pajak, termasuk Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah pejabat, dibocorkan oleh hacker Bjorka yang berharap dapat memberikan edukasi kepada mereka tentang pentingnya data digital. penjaga.

Faktanya, hal ini memberikan gambaran langsung kepada pejabat pemerintah bagaimana rasanya menjadi publik figur jika data pribadinya diekstraksi dan digunakan, kata pakar keamanan siber Alphonse Tanujaya saat dihubungi virprom.com, Jumat (20 September 2024). .). ).

Meski melanggar hukum, Alphonse menganggap Björk adalah seorang peretas ulung karena memperoleh data dari pejabat tinggi pemerintah.

Bahkan setelah Alphonse melihat contoh data yang dibagikan Björk, ternyata data tersebut bermanfaat.

Baca Juga: Catatan NPWP 6 Juta Bocor, Shri Mulyani Minta Ditjen Pajak Kaji

Alphonse mengatakan, berdasarkan contoh data yang diberikan Bjorka, informasi lain yang ada di data tersebut selain NPWP adalah data primer KPP, data DJP daerah, data KLU (Organisasi Perdagangan), kode KLU, tanggal pendaftaran pajak, status PKP (orang pembayar) pajak. ). ), konfirmasi PKP, dan formulir WP (Wajib Pajak).

“Jelas itu IRS,” kata Alphonse.

FYI: Rabu (18/9/2024), kisah keamanan siber akun X Teguha Aprianto @secgron dirilis.

Ia mengunggah tangkapan layar akun bernama Bjorka yang menjual jutaan data NIK dan NPWP 6.

Data dijual dalam sesi seharga US$10.000 atau setara Rp 153 juta (kurs Rp 15.300 per dolar AS).

Baca juga: Data NPWP Bocor, Warga Diimbau Waspada Penipuan Pajak

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal keluarnya 6 juta data NPWP, termasuk milik Presiden Jokowi.

Sri Mulyani mengatakan, seluruh pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), khususnya Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen), sedang menyelidiki masalah tersebut.

“Saya sudah meminta Direktur Administrasi Perpajakan dan seluruh pegawai Kementerian Keuangan untuk menyelidiki masalah ini,” ujarnya saat rapat di Gedung DPR RI di Jakarta, Kamis (19/9/2024). Dengarkan Injil dan pilihan pesan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top