Cara Mengatasi Tuas Kopling Motor yang Keras dan Berat

JAKARTA, virprom.com – Banyak pengendara sepeda motor yang kerap mengeluhkan tuas kopling terasa kaku dan berat, terutama saat berkendara di tengah kemacetan atau perjalanan jauh.

Kondisi ini tak hanya menyebabkan tangan cepat lelah, namun juga berpotensi menurunkan performa kendaraan. Penting untuk mengetahui penyebab masalah ini dan cara mengatasinya agar Anda dapat berkendara dengan nyaman dan aman.

Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, menjelaskan salah satu penyebab utama kopling sepeda motor kaku adalah kurangnya pelumasan kabel kopling.

Baca juga: Jangan asal pilih oli mesin untuk mobil hybrid

“Jika batang kopling tidak dilumasi secara rutin, gesekan yang diakibatkannya semakin besar dan tuas menjadi sulit ditarik,” jelasnya kepada virprom.com, Selasa (24/9/2024).

Selain pelumasan, Wahew menekankan pentingnya pengecekan tegangan pegas kopling. Pegas yang terlalu sempit dapat meningkatkan performa kopling.

Pegas yang aus atau terlalu kencang juga kerap menyebabkan kopling terasa berat. Solusinya bagi pemilik sepeda motor, gantilah pegas atau sesuaikan tegangannya sesuai spesifikasi sepeda motor, tambahnya.

Ia pun berpesan kepada pemilik sepeda motor untuk rutin mengecek kondisi lapisan kopling. Lapisan kopling yang tipis mempengaruhi respon kopling.

“Saat bed mulai menipis, kopling melemah sehingga membuat tuas kopling menjadi lebih berat saat dioperasikan. Oleh karena itu, ingatlah untuk mengganti pembalut secara rutin sesuai petunjuk penggunaan, kata Wahew.

Menurutnya, penting juga menggunakan komponen yang berkualitas atau asli. Pasalnya, komponen aftermarket mungkin tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor sehingga dapat memperparah masalah kopling.

Baca Juga: Sebaiknya Beli LMPV Bekas, Avanza, atau Grand Livina?

Dengan perawatan yang tepat dan pemilihan suku cadang yang tepat, pemilik sepeda motor bisa terhindar dari masalah kopling kaku dan berat. Hal ini memastikan performa sepeda motor optimal dan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman untuk perjalanan sehari-hari maupun berkendara jarak jauh. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top