Meta Pamer “Orion”, Kacamata AR Paling Ringkas dan Canggih

virprom.com – Induk Instagram, WhatsApp, Facebook, Meta – memperlihatkan prototipe kacamata augmented reality (AR) bernama “Orion”.

Perangkat tersebut diperkenalkan di atas panggung pada konferensi tahunan Meta Connect pada Rabu (24/9/2024) bersama headset VR Meta Quest 3s.

Kacamata AR ini dianggap sebagai kacamata AR tercanggih yang pernah dibuat. Tak hanya itu, Meta menyebut Orion merupakan form factor paling kompak yang mampu memberikan bidang pandang terluas.

“Lima tahun lalu kami mengumumkan kepada dunia bahwa kami membuat kacamata AR. Hari ini kami meluncurkan Orion, yang kami yakini sebagai kacamata AR tercanggih yang pernah dibuat,” tulis Meta di Meta Newsroom.

Dari segi desain, Orion mirip dengan Ray-Ban Meta Smart Glasses yang pertama kali dirilis pada tahun 2021.

Bedanya, Orion hadir dengan bezel hitam yang sangat tebal. Dari segi bobot, kacamata Orion tergolong berat (98 gram) dibandingkan Ray-Ban Meta yang bobotnya sekitar 50,8 gram.

Secara fungsional, Orion juga berbeda dengan Ray-Ban Meta.

Sebagai kacamata AR, Orion menawarkan pengalaman mengakses dunia virtual, seperti menampilkan konten media sosial, streaming video, hiburan layar lebar, dan hologram seukuran manusia, tepat di depan mata Anda.

Sementara itu, Ray-Ban Meta saat ini diposisikan sebagai kacamata pintar yang dapat merekam video, streaming langsung di Instagram dan media sosial lainnya, mendengarkan musik dan podcast, melakukan panggilan telepon/video atau mengirim pesan secara nirkabel, dan memiliki fitur asisten AI.

Baca Juga: Kacamata Pintar Meta Ray-Ban Bisa Digunakan untuk Video Call WhatsApp

CEO Meta Mark Zuckerberg juga memamerkan kacamata Orion di atas panggung pada konferensi tahunan Meta Connect pada hari Rabu.

Zuckerberg tidak mendemonstrasikan kemampuan Orion secara langsung di atas panggung, melainkan merilis video yang menunjukkan bagaimana reaksi orang terhadap perangkat tersebut ketika mereka mencobanya.

Video tersebut memperlihatkan beberapa cuplikan pesan teks dan foto kacamata tersebut.

Secara terpisah, Meta juga mengunggah beberapa video demo untuk memamerkan kemampuan prototipe kacamata Orion AR.

Misalnya, pengguna melihat tiga jendela virtual sambil duduk di sofa di rumah. Ketiga jendela virtual tersebut menampilkan tiga konten berbeda, yaitu kumpulan aplikasi (YouTube, Spotify, Google, dll), video call yang sedang berlangsung, dan aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: Meta Umumkan Horizon OS, Sistem Operasi untuk Setiap Merek Headset VR

Orion juga didukung oleh asisten Meta AI. Asisten ini memahami apa yang dilihat pengguna di dunia nyata dan dapat membantu pengguna membuat visualisasi yang berguna. Misalnya, pengguna dapat membuka lemari es dan meminta resep berdasarkan bahan-bahan di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top