Lewat Kriyanusa 2024, Dekranas Fasilitasi Kolaborasi Perajin dan Perancang Busana

virprom.com – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) memfasilitasi kolaborasi antara perajin Indonesia dan perancang busana nasional melalui Pameran Kerajinan Kepulauan Kirianusa 2024.

Perancang busana nasional Musa Vidyadmodjo mengatakan Kirianusa merupakan wadah bagi para perajin untuk memamerkan karyanya. Seniman sastra Indonesia selalu menantikan pameran ini setiap tahunnya.

“Oleh karena itu, Tekranas karya Krianusa ini merupakan sebuah panggung yang setiap tahunnya para perajin berlomba-lomba menampilkan karya terbaiknya,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (26/08/2024).

Menurut Musa, kreativitas seni yang dihadirkan pada Pameran Kerajinan Indonesia selalu berbeda setiap tahunnya. Pemilihan produk dan perajin yang akan mengikuti Kriannusa 2024 juga dilakukan secara ketat.

Baca Juga: Pengembangan Keterampilan UMKM di Papua, Kementerian Investasi Akan Gelar Forum Pelatihan Bekerjasama dengan Tekranas

“Jadi harus berbeda dari tahun lalu ke tahun ini. Kita harus selalu update. Dengan update kekinian, dengan update pasar, dengan tren seperti itu ya, tapi pengerjaannya tidak boleh tradisional lagi,” ujarnya.

Musa menilai antusiasme perajin Indonesia sangat tinggi dalam mengisi pameran dan menjadi peserta workshop.

“Nah, ini sebenarnya dijadikan sebagai motivasi dan referensi bagi para perajin di daerah agar berlomba-lomba meningkatkan karyanya, dan ini kami sampaikan kepada pihak-pihak yang meminta update,” jelasnya.

Sementara itu, perancang busana Mel Ahyar membawakan tema “Pengrajin Muda, Melestarikan Warisan Budaya”. Workshop ini menjadikan Kriyanusa 2024 semakin menarik.

Baca Juga: Warisan Budaya Sriwijaya Juara: Tekranastha Sumsel Juara Umum Tekranas 2024

Bahkan, Mel yakin kegiatan yang dilakukan secara berkesinambungan selama lima hari ini akan berkontribusi dalam upaya pembaharuan perajin nasional.

“Tema tahun ini sangat menarik. Perajin muda melestarikan budaya Indonesia, temanya sangat kuat. Bukan sekedar silaturahmi, tapi visi ke depan dan kita memang perlu berinovasi, terutama bagaimana para perajin berinovasi,” jelasnya.

Menurutnya, Kriannusa 2024 memungkinkan kolaborasi antara perajin dan perancang busana untuk menciptakan produk yang lebih inovatif.

“Kalau desainer dan perajin bekerja sama, dampaknya bisa besar. Jadi, dari satu orang bisa, kalau seribu orang, kita tidak bisa membayangkan dampaknya terhadap industri bagi masyarakat di sana. kekuatan. , “katanya.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Rayakan HUT Tekrana ke-44 dengan Parade Mobil Hias di Solo

Sekadar informasi, Kriyanusa 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 28 Agustus hingga September 2024 di Hall A dan B JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Pameran tersebut menghadirkan pendiri merek lokal Brickspot Anton Virjono dan perancang busana Chitra Subijakto yang memiliki pengalaman di industri kreatif, terutama dari sudut pandang generasi muda.

Menurut Anton, sejauh mata memandang label Chitra Subijakto bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda tahun ini.

“Dalam pameran Crianusa ini, sejauh mata memandang banyak sekali brand-brand dari perusahaan swasta. Menarik bukan? Daerah tertentu sudah difilmkan,” katanya.

Baca Juga: Di Tekranas Expo 2024, Iriana Jokowi Beli Gelang dan Batik dari UMKM Bantuan Pertamina

Sementara itu, Chitra Subijakto sepakat untuk menyampaikan pesan kepada generasi muda dengan tugas-tugas latihan melingkar yang menarik dan relevan.

“Kami mengambil desain baju dan lain sebagainya. Jadi, bisa dipakai hingga 10 tahun sebelum kita sampai dan menyatu dengan baik dengan pakaian kita di lemari,” jelasnya. Simak berita terkini dan rangkaian berita kami langsung di akun Anda. ponsel. virprom.com WhatsApp Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top