Mengenal Kardiomiopati, Kondisi Kelainan Otot Jantung

virprom.com – Jantung pada dasarnya adalah organ berotot, sehingga bila terjadi kardiomiopati atau kelainan pada otot jantung, kemampuan memompa darah ke seluruh tubuh akan terganggu. Kondisi ini disebut juga gagal jantung.

Kardiomiopati belum diketahui secara luas, meski sebagian besar kasus terjadi pada usia muda, sekitar 30-40 tahun, dan memerlukan penanganan intensif.

“Kardiomiopati dapat berkembang secara perlahan dan sering kali tidak menunjukkan gejala yang khas pada awalnya, sehingga banyak orang tidak mengetahui kondisinya hingga mencapai stadium lanjut,” kata Dr. Leonardo Paskah Suciadi, Sp.JP.

Kardiomiopati ada beberapa jenis, yaitu kardiomiopati dilatasi (otot jantung melemah), kardiomiopati hipertrofik (penebalan dinding jantung kiri), kardiomiopati restriktif (pengerasan otot jantung), dan kardiomiopati aritmogenik (perubahan jaringan otot jantung menjadi jaringan lemak). . .

Baca juga: 8 Gejala Serangan Jantung Berat disertai Sesak Nafas

Menurut dr Leonardo, siapa pun bisa tertular penyakit tersebut, namun ada beberapa kelompok yang berisiko lebih tinggi.

“Risikonya paling tinggi jika anggota keluarga menderita kardiomiopati yang sama, penyakit jantung lain, atau kematian jantung mendadak di usia muda,” kata dokter spesialis gagal jantung dan penyakit kardiometabolik di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk Jakarta.

Faktor risiko lainnya termasuk genetika, riwayat infeksi atau peradangan jantung, penyakit sistemik, dan pengobatan kanker.

Gejala kardiomiopati seringkali berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan penyakitnya.

Gejala umumnya antara lain: sesak napas saat berolahraga atau berbaring, mudah lelah, kaki bengkak, nyeri dada, detak jantung tidak teratur, dan pingsan saat berolahraga.

Diagnosis ini memerlukan beberapa pemeriksaan, mulai dari pencatatan aktivitas kelistrikan jantung dengan EKG, hingga pemeriksaan USG jantung, pemeriksaan darah, dan MRI jantung.

Baca juga: Manfaat Naik Turun Tangga untuk Melatih Otot Jantung

Kardiomiopati adalah kondisi yang serius, dan komplikasi lebih lanjut biasanya mencakup gagal jantung.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya penggumpalan darah di berbagai bagian tubuh, seperti paru-paru, lambung, ginjal, dan kedua kaki, sehingga pasien mengeluh sesak napas dan pembengkakan pada tubuh, jelas dr Leonardo.

Rumah Sakit Silom Kebon Jeruk menawarkan layanan Advanced Cardiac Care Clinic (ACCC) yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu untuk memberikan perawatan komprehensif bagi pasien dengan kondisi jantung kompleks seperti gagal jantung.

Tim ACCC yang berdedikasi terdiri dari dokter umum, perawat, apoteker klinis, dan ahli gizi yang terlatih khusus dan bersertifikat nasional untuk memberikan layanan khusus untuk gagal jantung. Dengarkan berita terkini dan berita pemilu kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita yang diinginkan untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top