Vaksinasi Polio di Gaza Resmi Dimulai Hari Ini

JALUR GAZA, virprom.com – Vaksinasi polio dimulai di Jalur Gaza pada Minggu (1/9/2024). Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan hari libur nasional selama tiga hari karena wabah vaksin polio.

Dapat dipahami bahwa kampanye vaksinasi polio diumumkan setelah kasus polio pertama diumumkan di Gaza bulan lalu.

Vaksinasi telah dimulai di tiga rumah sakit di Gaza tengah setelah sejumlah anak ditikam di Gaza selatan pada hari Minggu, AFP melaporkan.

Baca juga: Israel Setuju Istirahat 3 Hari Perang Gaza demi Vaksin Polio

Yasser Shabane, direktur medis Rumah Sakit Al-Awda di Gaza tengah, mengatakan: “Anak-anak dari usia satu hari hingga 10 tahun datang ke pusat-pusat tersebut untuk menerima vaksinasi ketika drone terbang di atas mereka.”

“Ada banyak drone yang terbang di tengah Gaza, dan kami berharap program vaksinasi untuk anak-anak berjalan damai,” kata Shabane.

Pertempuran akan dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Kamis bahwa Israel telah menyetujui “penantian kemanusiaan” selama tiga hari di utara, selatan dan tengah untuk melaksanakan vaksinasi.

Namun, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menegaskan bahwa hal itu bukanlah akhir dari perang di Gaza.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk memvaksinasi lebih dari 640.000 anak-anak di Palestina, yang hilang dalam perang selama 11 bulan.

Rencananya, dosis pertama, dua tetes, akan diberikan kepada 90 persen anak-anak di wilayah tersebut.

Polio, yang telah diberantas di Gaza selama 25 tahun, muncul kembali pada 7 Oktober di tengah bentrokan menyusul serangan Hamas di Israel selatan.

WHO juga mendistribusikan 1,26 juta vaksin ke Jalur Gaza.

Baca juga: Israel Serang Truk Bantuan di Gaza, 5 Orang Tewas

Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas menemukan 67 pusat vaksinasi.

Khususnya, rumah sakit, pusat kesehatan kecil dan sekolah di Gaza tengah. Terdapat 59 vaksinasi di Gaza selatan dan 33 di Gaza utara.

Selain itu, vaksin dosis kedua sebaiknya diberikan empat minggu setelah dosis pertama. Dengarkan berita terkini dan berita utama kami dari ponsel Anda. Untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top