Fluoride dalam Air Minum Dianggap Turunkan IQ Anak

virprom.com – Terlalu banyak fluoride yang ditambahkan pada air keran atau air minum di Amerika Serikat dianggap berisiko terhadap kecerdasan anak.

Keputusan tersebut menyusul perdebatan dan pertarungan hukum selama bertahun-tahun mengenai keamanan fluorida dalam air keran.

Meskipun tidak mengeluarkan larangan total terhadap penambahan fluorida, pengadilan memerintahkan Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) untuk mengambil tindakan regulasi.

Hakim Pengadilan Distrik AS Edward Chen memperingatkan bahwa tidak dapat ditentukan apakah jumlah fluorida yang biasa ditambahkan ke air menyebabkan IQ lebih rendah pada anak-anak, namun ia menyimpulkan bahwa semakin banyak penelitian yang menunjukkan adanya risiko yang tidak masuk akal bahwa hal tersebut.

Keputusan hakim ini sangat kontras dengan praktik kesehatan masyarakat selama puluhan tahun.

Baca juga: Makanan untuk Kecerdasan Anak

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, fluorida adalah cara yang aman dan efektif untuk memperkuat gigi dan mengurangi gigi berlubang dengan menggantikan mineral yang hilang karena keausan normal.

Kadar fluorida yang digunakan dalam air minum di Amerika Serikat umumnya diatur dalam kisaran yang dianggap aman oleh lembaga-lembaga tersebut.

Fluorida dapat berasal dari berbagai sumber selain pasta gigi, namun sumber utama di Amerika Serikat adalah air minum. Saat ini, dua pertiga penduduknya mengonsumsi air minum berfluoride.

Selama dua dekade terakhir, beberapa kelompok menyoroti penelitian yang menunjukkan bahwa fluoride dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan, salah satunya adalah perkembangan otak.

Para peneliti mempertanyakan efek fluorida pada janin dan bayi yang mungkin meminum air berfluoride yang digunakan untuk membuat susu formula.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa fluorida mempengaruhi aktivitas sel neurokimia di wilayah otak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran, memori, fungsi eksekutif, dan perilaku.

Baca juga: Air Minum Dalam Kemasan Mengandung Nanoplastik yang Berdampak Bagi Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan fluoride berlebihan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko masalah tulang seperti tulang rapuh atau osteoporosis.

Hal ini disebabkan oleh paparan kadar fluorida yang lebih tinggi dari normal dalam air minum. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top