Gantikan Tukang, Robot Ini Bangun Rumah di AS

virprom.com – Kejadian lain terjadi saat pembangunan rumah di Florida, AS.

Pasalnya, para pekerja konstruksi tidak menggunakan robot untuk mengerjakan tembok.

Robot peletakan batu bata tersebut diberi nama Hadrin X, teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan Australia FBR Ltd.

Baca Juga: Startup Inggris Kembangkan Robot yang Bisa Menggali Terowongan

Mengutip dari situs resminya pada Rabu (11/9/2024), FBR Limited mengumumkan selesainya pembangunan tembok rumah pertama pada ajang pameran di Amerika Serikat bersama CRH Ventures.

Dinding disertifikasi agar sesuai dengan desain dan kode bangunan.

Batu bata yang digunakan untuk dinding sebanyak 2.157 balok beton. Sedangkan luas dinding rumah adalah 1.758 kaki persegi atau setara dengan luas 163,3 meter persegi.

“Kami sangat bangga dapat menyelesaikan struktur hunian pertama kami di pasar global,” kata Mike Pivac, Managing Director dan Chief Executive Officer FBR.

Hadrian

Hadrian memiliki kemampuan untuk menangani, memotong, “mengangkut” dan menempatkan batu bata secara otomatis dan dapat dikontrol melalui jaringan komputer atau tablet.

Robot tersebut juga memiliki lengan teleskopik sepanjang 32 meter yang mampu menjangkau lebih panjang dari robot sebelumnya.

Kemudian, memungkinkan dinding dibangun hingga tiga lantai, serta kemampuan untuk menempatkan balok dalam jarak 50mm dari dinding yang ada.

Hadrian

Pada pemasangan batu bata juga digunakan perekat khusus sebagai pengganti mortar konvensional yang diklaim dapat meningkatkan kekuatan struktur dan efisiensi waktu pengeringan.

Perangkat tersebut dikatakan mampu memasang batu bata yang belum tersedia di pasaran, termasuk balok besar berukuran 600 mm x 400 mm x 300 mm dan berat hingga 45 kg.

Baca Juga: Robot Bangun Bendungan di Jepang lho!

Dengarkan berita Hedrian dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top