Kapan Roda Mobil Perlu Balancing?

JAKARTA, virprom.com – Perawatan undercarriage mutlak diperlukan. Jika tidak dirawat, pengalaman berkendara menjadi tidak menyenangkan. Salah satu pekerjaan perawatan bagian bawah bodi mobil yang paling umum adalah penyeimbangan.

Tapi apa sebenarnya keseimbangan itu?

Baca juga: Jadwal MotoGP Aragon 2024, Balapan Pukul 19.00 WIB

Bagus Raditya, Pengawas Trijaya Ban 83 di Otista, Jakarta Timur, mengatakan sesuai dengan namanya, keseimbangan berasal dari kata balance yang artinya keseimbangan. Untuk mobil, tujuannya adalah untuk menyeimbangkan roda mobil.

Roda diseimbangkan dengan pelek mobil sehingga putaran ban merata. Caranya adalah dengan mengukur titik paling ringan pada pelek dan menambah beban agar beratnya seragam.

“Dalam penyeimbangan, pelek atau roda diatur agar semuanya berputar. Titik terberat dan teringan kita atur, titik paling ringan ditambah lead agar putarannya sempurna,” kata Adit kepada virprom.com, Jumat (30 Agustus 2024). ).

Adit mengatakan, cara mengetahui pelek perlu penyeimbangan cukup mudah, yakni jika kaki atau ban kendaraan terasa bergetar saat melaju di jalan raya.

Baca juga: Rem Tangan Mobil Harus Berfungsi Sebelum Naik Pesawat

“Keseimbangan biasanya digunakan dalam penggunaan sehari-hari saat ban terasa bergetar,” ujarnya.

Adit mengatakan, sebenarnya untuk penyerapan dan keseimbangan, pengecekan berkala bisa dilakukan setiap 10.000 km atau 6-8 bulan sekali.

“Tapi jangan tunggu para tester ini, datanglah ke bengkel jika dirasa kendaraan mulai tidak nyaman. “Itu saja,” kata Adit.

Baca juga: Awas, Foto Paspor yang Salah Bisa Menghalangi Anda Memperbarui Surat Izin Mengemudi Secara Online

“Dari segi keseimbangan, kalau mobil terasa bergetar pada kecepatan tertentu, katakanlah 80 km/jam, getarannya seimbang,” ujarnya.

Ada juga dua jenis keseimbangan, Adit menyebut keseimbangan normal dan keseimbangan kecepatan tinggi yang disebut keseimbangan akhir.

Penyeimbangan warna merupakan proses penyeimbangan yang berlangsung pada kecepatan 100 km/jam. Penyeimbangannya dilakukan dua kali, pertama penyeimbangan normal dengan roda dilepas, dan kedua roda dipasang namun alatnya dipasang pada kendaraan, katanya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top