Alasan Pebalap MotoGP Sudah Jarang Sliding Saat Masuk Tikungan

JAKARTA, virprom.com – Sepeda motor semakin cepat dan teknologi semakin maju, dan saat ini para pebalap MotoGP jarang melihat “sentakan” atau tergelincir saat memasuki tikungan.

Marc Marquez dari Gresini Racing mengatakan pengendara tidak melakukan hal ini sekarang karena pengereman merusak “aerodinamis”.

Baca Juga: Mercedes-Benz Kirim 16 Mobil Listrik untuk Dukung Perayaan HUT RI di IKN

Di sisi lain, motor MotoGP modern harus dikendarai dengan cara tertentu untuk mencapai downforce serendah mungkin, kata Marquez.

“Terutama pada titik pengereman dan memasuki tikungan, Anda harus melakukan apa yang Anda inginkan, bukan apa yang diminta motor,” kata Marquez, Selasa (13/8/2024).

“Jika Anda melihat sedikit lebih sedikit, (Casey) Stoner, bahkan (Dani) Pedrosa, mereka selalu meluncur dengan roda belakang dan masuk ke (tikungan) dengan gaya seperti itu,” ujarnya.

Baca Juga: 3 Mobil Baru Hyundai yang Akan Diluncurkan

Marquez mengatakan, motor MotoGP modern menggunakan gaya meluncur saat memasuki tikungan sehingga merugikan pengendaranya. Alasannya terletak pada peran aerodinamis sepeda motor modern.

Baca Juga: 3 Mobil Baru Hyundai yang Akan Diluncurkan

“Tidak segera. Mengapa? Karena Anda merusak aerodinamika, dan kemudian menjadi lebih sulit,” kata Marcus.

Juara dunia Repsol delapan kali itu mengaku butuh penyesuaian saat beralih dari Honda ke Ducati. Apalagi Ducati merupakan “penemu” sistem aerodinamis yang populer di MotoGP.

Marquez mengatakan motor Honda memiliki front end yang kuat, sedangkan keunggulan Ducati adalah pengendalian ban belakang. Dengarkan berita langsung dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top