Thailand Resmi Legalkan Pernikahan Sesama Jenis, Berlaku Mulai Januari 2025

BANGKOK, virprom.com – Yang Mulia Raja Thailand, Mahavasila Longkorn, secara resmi mengesahkan undang-undang pernikahan sesama jenis yang sebelumnya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Tertinggi Thailand pada bulan April dan Juni. 

Thailand adalah negara pertama di Asia Tenggara dan negara ketiga di Asia yang mengakui pernikahan sesama jenis, setelah Taiwan dan Nepal.

Persetujuan kerajaan ini diumumkan pada Selasa (24/9/2024) dan mulai berlaku 120 hari, yakni pada 22 Januari 2025. Pasangan LGBTQ baru bisa mendaftarkan pernikahannya secara sah pada Januari mendatang. 

Baca selengkapnya: Seorang nenek di Thailand selamat dari ular piton sepanjang 4 meter selama 2 jam

Menurut DW, undang-undang tersebut memberikan hak hukum, keuangan, dan kesehatan penuh kepada pasangan menikah, apa pun jenis kelaminnya.

“Selamat atas cinta semua orang,” tulis Perdana Menteri Narendra Modi, “Selamat atas cinta semua orang,” disertai tagar #LoveWins di media sosial X.

Thailand dikenal sebagai tujuan wisata terpopuler di Asia yang terkenal dengan budaya LGBT dan toleransinya. 

Selama 2 dekade, para aktivis di Thailand telah berupaya melegalkan pernikahan sesama jenis.

Sebagian besar masyarakat Thailand mempunyai nilai-nilai konservatif. Anggota komunitas LGBTQ mengatakan mereka menghadapi diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.

Pemerintah dan lembaga negara juga memiliki sejarah konservasi. Pendukung kesetaraan gender dikatakan kesulitan membuat anggota parlemen dan pegawai negeri menerima perubahan.

Wakil Walikota Bangkok Sanon Wangsrangboon mengatakan pejabat kota akan siap mendaftarkan pernikahan sesama jenis segera setelah undang-undang tersebut berlaku.

Baca selengkapnya: Pekerja di Thailand dipaksa bekerja dan mati

Undang-undang tersebut juga mengubah hukum perdata dan komersial negara tersebut dengan mengganti istilah khusus gender seperti “laki-laki dan perempuan” dengan istilah netral gender seperti “orang”.

Baca Juga: Pria Lansia Thailand Bertahan Hidup Dibungkus Ular Piton Selama 2 Jam

Pemerintahan yang dipimpin oposisi telah menjadikan pernikahan sesama jenis sebagai salah satu tujuan utamanya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top