Apakah Aman Musim Hujan Pakai Cover Mobil?

SOLO, virprom.com – Saat musim hujan, banyak pemilik mobil yang berusaha melindungi mobilnya dari cipratan air dan kotoran dengan menggunakan cover mobil.

Meski terlihat seperti langkah yang tepat untuk menjaga kebersihan dan keawetan cat Anda, namun menggunakan cover mobil saat hujan ternyata bisa menimbulkan beberapa masalah tanpa Anda sadari.

Evan, pemilik Evan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan saat hujan sebaiknya tidak menggunakan terpal untuk menutupi mobilnya.

“Mobil sudah dipasang cover untuk parkir dan berkendara saat hujan. Saya tidak melihat ada masalah di kabin, tapi kendalanya paling banyak di permukaan cat,” kata Ivan, Selasa (24/9/2024) kepada Kompas .

Lihat Juga: Jelang Musim Hujan, Pengendara Sepeda Motor Jangan Lengah

Masalahnya sering terjadi kalau tidak segera dicuci setelah kehujanan, akan muncul bercak putih dan jamur, lanjut Evan.

“Di dalam kabin aman, tapi kalau hujan lebih baik buka tutupnya saja. Kalau sudah selesai, tinggal cuci dan keringkan,” kata Ivan.

Sementara itu, CEO Topikot Indonesia Christopher Sebastian mengatakan penggunaan ban tidak boleh sembarangan, melainkan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

“Pemilik mobil sebaiknya tidak menggunakan cover mobil dalam keadaan basah atau lembap,” kata Christopher.

Lihat Juga: Berkendara Saat Cuaca Hujan Tidak Boleh Menggunakan Ban Gunge

Ia menambahkan, jika kap mobil terkena air hujan sebaiknya segera dilepas karena biasanya air akan menempel pada bodi mobil dan dapat menimbulkan lumpur.

Jika hal tersebut terjadi, Christopher pun menyarankan agar mobil segera dicuci dan dikeringkan dengan air bersih untuk menghindari noda air pada permukaan cat. Berita terkini dan koleksi berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top