Hadapi Pesatnya Persaingan Ekonomi dan Teknologi, Gus Halim Ajak Pegiat Desa Tingkatkan SDM

virprom.com – Menteri Pembangunan Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Abdul Halim Iskandar mengimbau seluruh penggiat pedesaan untuk lebih meningkatkan sumber daya manusianya guna mencapai tujuan Indonesia Emas 2045. 

Peningkatan sumber daya manusia merupakan tujuan utama pembangunan pedesaan, yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehingga berdaya saing nasional.

“Pembangunan pedesaan difokuskan pada pembangunan manusia, sehingga seluruh kegiatan pembangunan difokuskan pada pembangunan sosial ekonomi dan infrastruktur lainnya,” ujarnya. 

Hal itu disampaikan Menteri yang biasa disapa Gus Halim pada akhir acara “Konsolidasi Peserta Pelatihan Penyegaran Guna Meningkatkan Partisipasi Penggiat Perdesaan dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan Tahun Anggaran 2024” di Jakarta, Sabtu. . 6/06/2020) 7/2024).

Gus Halim menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kompetensi aktivis desa, tenaga profesional pendamping (TEP), dan pendamping desa. 

Baca juga: Pembukaan Resor Wisata Taman Aglaonema di Sleman, Gus Halim: Ini yang Pertama di Indonesia

Pasalnya, peningkatan sumber daya manusia akan memberikan pendidikan dalam menghadapi persaingan ekonomi dan teknologi digital yang semakin pesat.

Oleh karena itu, perlu dipahami ideologi pembangunan atau hakikat perubahan pembangunan, ujarnya dalam siaran pers. 

Mantan Ketua DRC Jatim ini berharap, setiap tenaga pendukung profesional beserta jajarannya dapat membawa perubahan bagi dirinya dan masyarakat yang didukungnya sejalan dengan ideologi pembangunan pedesaan.

Hal ini perlu, kata Gus Halim, mengingat tantangan ke depan bagi semua kalangan, revolusi industri keempat dan persaingan teknologi yang tidak dapat diprediksi.

Guru Besar Emeritus Universitas Surabaya mengatakan, keberadaan pendamping pedesaan sangat penting. 

Baca Juga: Hus Halim Sebut Pelestarian Tradisi dan Budaya Bisa Percepat Pembangunan Perdesaan

Karena orang yang bisa mendidik dan melindungi masyarakat tidak bisa tergantikan oleh kekuatan teknologi, ujarnya.

“Dengan demikian paradigma, kerangka berpikir dan cara kerja selaras dengan ideologi pembangunan kita yaitu pembangunan manusia,” jelasnya.

Sekadar informasi, selain Gus Halim, hadir juga Lutfia Noorlaela, Kepala Departemen Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendes PDTT, Nasrun Annahar, Staf Khusus Mendes PDTT, dan Rosid, Sekretaris BPSDM. Di acara ini. Tetap up to date dengan berita terbaru dan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top