Bolehkah Asam Urat Makan Buah Sirsak? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Nutrisi yang tepat penting untuk mengontrol asam urat guna mencegah asam urat pada persendian. Lalu apakah asam urat boleh makan buah asam?

Anda mungkin pernah mendengar mitos bahwa penderita asam urat sebaiknya tidak makan buah yang asam. Namun nyatanya, penderita asam urat boleh saja mengonsumsi buah yang asam.

Untuk lebih jelasnya simak mengapa buah asam aman untuk asam urat.

Baca Juga: Apa Saja yang Bisa Mengobati Buah Sirsak? Ini dia daftarnya 8. Bolehkah Makan Buah Penderita Asam Urat?

Penderita asam urat tinggi bisa mengonsumsi buah ini sebagai bagian dari pola makan sehat karena tergolong makanan bebas purin.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah.

Sebuah penelitian pada tahun 2018 yang dipublikasikan di website Fakultas Kedokteran dan Keperawatan Kesehatan Masyarakat Universitas Gadja Mada (UGM) menemukan bahwa buah asam dapat menghambat atau menurunkan produksi asam urat tubuh pada pasien prehipertensi dengan kadar asam urat tinggi.

Studi klinis menunjukkan bahwa setelah 7-13 minggu mengonsumsi sirsak, kadar asam urat partisipan mengalami penurunan dari tinggi hingga normal dibandingkan kelompok yang tidak mengonsumsi buah ini.

Penelitian lain yang diterbitkan oleh ResearchGate pada tahun 2015 menyebutkan bahwa penggunaan jus apel efektif dalam mengatasi asam urat tinggi.

Pasalnya, buah asam mengandung kumarin, senyawa fitokimia dengan sifat anti inflamasi yang menghambat xanthine oksidase, atau enzim penghasil asam urat.

Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah asam atau menggunakan ekstraknya dapat membantu dalam pengobatan asam urat.

Baca Juga: Apa Penyebab Asam Urat? Berikut 11 nama

Minum buah atau jus buah tanpa gula dapat mengurangi rasa sakit saat serangan asam urat.

Namun, pasien penderita asam urat tidak disarankan untuk berhenti mengonsumsi obat yang diminumnya dan beralih mengonsumsi buah atau ekstraknya tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Pasalnya, setiap penderita memiliki kondisi berbeda yang perlu ditangani guna mengendalikan asam urat dan meredakan gejala serangan asam urat.

  Apa saja manfaat buah sirsak?

Selain menurunkan asam urat, manfaat buah tak tahu malu adalah: Mengatasi trigliserida tinggi, karena mengandung tanin yang kaya akan senyawa flavonoid yang baik untuk menurunkan semua kolesterol, kaya akan antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Menurunkan gula darah dan mengontrol gula darah untuk menurunkan tekanan darah atau darah tinggi serta membantu melawan bakteri dalam bakteri yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut karena mengandung vitamin C dan B, potasium dan banyak serat. zat besi, asam folat, zinc dan magnesium bermanfaat bagi tubuh.

Anda tidak perlu takut untuk mengonsumsi buah berwarna putih ini, mengingat alasan mengapa Anda bisa mengonsumsi asam urat dan buah sehat lainnya.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui manfaat buah sirsak.

Baca juga: Minum Apa untuk Asam Urat? Berikut uraiannya… Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk masuk ke saluran WhatsApp virprom.com, pilih berita yang Anda suka: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top