Motor Hidrogen Kawasaki, Bisa Jadi Alternatif

JAKARTA, virprom.com – Sepeda motor hidrogen Kawasaki ditampilkan di Suzuka 8 Hours dan digunakan di jalan raya. Dipastikan sepeda motor tersebut merupakan hasil kolaborasi beberapa perusahaan seperti Kawasaki, Toyota, Suzuki, Yamaha, dan Honda.

Sepeda motor ini bisa dikatakan berjalan dengan teknologi mesin yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Jadi, berbeda dengan bahan bakar sel, sepeda motor hidrogen Kawasaki ini menggunakan basis sepeda motor biasa yaitu H2SX.

Dikutip dari Autoby, Yoshimoto Matsuda, salah satu penanggung jawab proyek HySE (Hydrogen Small Mobility & Engine Technology), mengatakan jika hanya ada sepeda motor listrik, ia tidak akan bisa menggunakan teknologi mesin yang selama ini digunakan. waktu yang lama.

Baca Juga: Motor Kawasaki Brusky 125, Mirip Honda Vario 125

“Hidrogen dapat digunakan pada mesin konvensional, cukup dengan mengganti bahan bakar dengan hidrogen,” kata Matsuda.

Matsuda mengatakan ubahan pada Kawasaki H2SX terbilang minim. Misalnya tangki standar dibiarkan saja, namun diganti dengan produk khusus untuk menyimpan hidrogen.

Dengan kata lain, hidrogen dialirkan melalui injeksi. Hidrogen lebih mudah terbakar sehingga perlu lapisan khusus pada mesinnya, kata Matsuda.

Baca Juga: Bus Baru PO Sembodo Bocor, Pakai Livery Baru

Pendekatan multimoda yang diterapkan oleh pabrikan Jepang berarti bahwa teknologi ramah lingkungan harus diperluas, tidak hanya listrik dan hibrida. Oleh karena itu, bahan bakar hidrogen juga bisa menjadi solusi kendaraan tanpa emisi.

Satoaki Ichi, Direktur Departemen Pengembangan, mengatakan Kawasaki sudah berkecimpung di berbagai industri seperti pesawat terbang dan kapal laut. Itu sebabnya Anda sudah memahami cara mengolah hidrogen, mulai dari transportasi hingga penyimpanannya.

“Mesin hidrogen tidak hanya lebih bersih, tapi cenderung lebih nyaman dikendarai dibandingkan mesin biasa. Jadi cocok untuk pengendara sepeda motor,” kata Ichi. Dengarkan berita dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top