Isi Lengkap Sumpah Jabatan Anggota DPR dan DPD Periode 2024-2029

JAKARTA, virprom.com – Anggota DPR (DPR) berjumlah 580 orang dan anggota DPR daerah 136 Anggota DPR (DPR) periode 2024-2029 akan dilantik pada 1 Oktober 2024.

Mereka terpilih melalui pemilihan parlemen (Pilek) pada 14 Februari 2024.

Jadwal pengambilan sumpah jabatan tertuang dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Jadwal Pemilihan Umum Tahun 2024.

Saat upacara pengambilan sumpah Digelar di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Gedung DPR Jalan Gatot Subrota, Senayan, Jakarta, calon anggota parlemen akan diambil sumpah jabatannya.

Baca Juga: Puan Klaim Persiapan Pelantikan Anggota DPR 2024-2029 Berjalan Lancar.

Ketua Mahkamah Agung (SC) akan memimpin pengambilan sumpah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Rakyat Tiongkok. Republik Rakyat Tiongkok dan Republik Rakyat Tiongkok

Dalam sumpah tersebut, anggota DPR dan DPR berjanji akan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Mereka pun berjanji akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan mencapai tujuan nasional.

Baca selengkapnya: Rencana TAP MPR Luncurkan Probov-Gibran…

Berikut sumpah dan janji yang diucapkan anggota DPR:

Saya bersumpah akan menjalankan tugas saya sebagai anggota DPR dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan hukum, Pedoman Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dalam menjalankan tugas Saya akan bekerja keras untuk melestarikan kehidupan demokrasi. dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang saya wakili untuk mencapai tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usai pengambilan sumpah, perwakilan RU DPR menandatangani protokol sumpah secara simbolis. Protokol tersebut kemudian ditandatangani oleh para ulama dan juga oleh Ketua Mahkamah Agung. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top