Macron Tunjuk Mantan Negosiator Brexit Michel Barnier Jadi PM Baru Perancis

Paris virprom.com – Presiden Emmanuel Macron telah menunjuk mantan negosiator Brexit Uni Eropa Michel Barnier sebagai perdana menteri baru Prancis selama lebih dari 50 hari masa jabatan sementara.

Macron bertemu dengan politisi kawakan itu di Istana Elysee pada Kamis (9/5/2024) dan memintanya membentuk pemerintahan baru.

Macron berharap hal ini akan memecahkan kebuntuan politik beberapa minggu setelah pemilihan parlemen.

Baca: CEO Telegram Pavel Durov Diserahkan ke Pengadilan Prancis oleh Kepala Polisi

Permainan Macron yang menyerukan pemilihan parlemen dini pada bulan Juni telah menjadi bumerang.

Koalisi sentrisnya kehilangan puluhan kursi, sehingga tidak ada partai yang memperoleh mayoritas.

Menurut AFP, aliansi sayap kiri Front Populer Baru menang, tetapi Macron tidak diminta membentuk pemerintahan setelah partai lain menolak.

Kelompok sentris dan sayap kanan Macron merupakan dua kelompok utama lainnya di Majelis Nasional.

Barnier, seorang anggota Partai Republik sayap kanan (LR), tidak lagi terlihat dalam politik Prancis sejak kalah dalam nominasi partainya untuk menantang Macron sebagai presiden pada tahun 2022.

Mantan menteri luar negeri dan komisaris Uni Eropa kini menghadapi tantangan berat untuk mendorong reformasi dan anggaran tahun 2025 melalui parlemen.

Perancis saat ini berada di bawah tekanan dari Komisi Eropa dan pasar obligasi untuk mengurangi defisitnya.

Baca: Prancis Perpanjang Penahanan CEO Telegram Pavel Durov

Berbicara di kediaman perdana menteri Matignon, Barnier mengatakan masa jabatannya akan mengatasi tantangan dan ketidakadilan yang terjadi di banyak kota.

Pada usia 73 tahun, Barnier adalah perdana menteri tertua yang menggantikan Gabriel Attal, yang merupakan perdana menteri termuda dalam sejarah politik Prancis modern.

Kesehatan Barnier mengatakan dia akan mendengarkan semua kelompok politik yang mendorong keamanan dan lapangan kerja, serta mengurangi utang negara yang berlebihan.

Baca: CEO Telegram Pavel Durov Ditangkap di Bandara Prancis

“Rakyat Prancis menyatakan perlunya rasa hormat, persatuan, dan perdamaian,” kata Barnier, yang berdiri di samping Attal. Dengarkan berita terkini dan berita utama kami langsung dari ponsel Anda. Untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com; Pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top