Meta Rilis LLama 3.2, Model AI Pesaing OpenAI GPT-4o Mini

virprom.com – Meta (induk perusahaan Facebook, Instagram, WhatsApp) meluncurkan Large Language Model (LLM) terbarunya, Llama 3.2, di acara Meta Connect, Rabu (25/09/2024).

Model AI ini kini menjadi pesaing GPT-4o Mini OpenAI yang baru dirilis Juli lalu.

Menurut CEO Meta Mark Zuckerberg, model AI ini sejauh ini telah mencapai pertumbuhan 10x sejak tahun 2023, dan kini bahkan diklaim menyamai GPT-4o Mini dalam pengenalan gambar dan tugas pemahaman visual lainnya.

Sementara itu, Llama 3.2 dikatakan melampaui model AI sumber terbuka dari Google (Gemma) dan Microsoft (Phi 3.5-mini) dalam berbagai bidang seperti mengikuti instruksi, meringkas, menggunakan alat, dan menulis ulang perintah.

“Llama terus berkembang dengan pesat,” kata Zuckerberg.

Baca Juga: OpenAI Rilis Model AI GPT-4o Mini, Ringan, Cerdas, dan Murah Model AI yang memahami input gambar dan teks

Llama 3.2 juga tersedia sebagai versi terbaru dari Llama 3.1 yang dirilis sekitar dua bulan lalu. Peningkatan terbesar yang dibawa Llama 3.2 adalah dukungan untuk mode multimodal. Berkat ini, Llama 3.1 dapat memahami input gambar dan teks secara bersamaan.

Baca juga: Facebook Rilis Llama 3.1, Model AI Kelas GPT-4 Gratis

“Llama 3.2 adalah model multimodal open source pertama kami. Model ini akan memungkinkan banyak aplikasi yang memerlukan pemahaman visual,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg dalam pidato utamanya di acara Meta Connect, Rabu.

Meta sepertinya berusaha mengejar ketertinggalan dalam perlombaan AI global ini. Pasalnya, pengembang AI lainnya, termasuk OpenAI (induk ChatGPT) dan Google, telah meluncurkan model AI yang mendukung multimodalitas pada tahun lalu.

Seperti Llama 3.1, Llama 3.2 juga diposisikan sebagai model bahasa sumber terbuka yang besar. Jadi developer bisa menggunakan model AI ini secara bebas dan gratis.

Llama 3.2 mencakup model kecil dengan 11 miliar (11 miliar / 11B) parameter dan versi menengah dengan 90 miliar parameter. Model dengan parameter yang lebih tinggi biasanya menunjukkan bahwa model tersebut akan lebih akurat dan mampu menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks.

Seperti pendahulunya, Llama 3.2 memiliki panjang konteks 128.000 token, yang berarti pengguna dapat mengetik banyak teks (setara dengan ratusan halaman buku teks).

Baca juga: Meta Luncurkan Orion, Kacamata AR Paling Ringkas dan Canggih

Selain itu, dengan Llama 3.2, pengembang dapat membangun aplikasi AI yang lebih canggih, seperti aplikasi augmented reality yang memberikan informasi real-time tentang video, mesin pencari visual yang mengurutkan gambar berdasarkan konten, atau analisis dokumen yang merangkum potongan teks panjang untuk Anda.

Karena Llama 3.2 dengan 11B dan 90B memahami gambar, dapat memahami bagan dan grafik, memberi anotasi pada gambar, dan mengidentifikasi objek dari deskripsi bahasa alami.

Misalnya, pengguna dapat menanyakan bulan mana perusahaan memiliki penjualan terbaik, dan model akan memberikan alasan berdasarkan grafik yang tersedia. Model dengan parameter besar juga dapat mengekstrak detail dari gambar untuk menghasilkan teks.

Llama 3.2 juga tersedia dalam versi ringan hanya teks (opsi 1B dan 3B). Model ini dapat membantu pengembang membuat aplikasi yang dipersonalisasi, seperti merangkum pesan baru atau mengirim undangan kalender ke rapat mendatang. Demonstrasinya dapat dilihat pada video di bawah ini.

Model yang lebih kecil ini dirancang untuk bekerja dengan Qualcomm, MediaTek, dan perangkat keras Arm lainnya, dan Meta jelas berharap dapat menggunakannya di perangkat seluler, seperti yang dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (26/9/2024).

Model Llama 3.2 tersedia untuk diunduh di llama.com dan Hugging Face, serta platform mitranya Meta.

Baca Juga: Meta AI Chatbot Punya Fitur Imagine Me yang Bisa Ubah Foto Jadi Apa Saja Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top