Catat, Ini Komponen Penting yang Diperiksa Saat Tune-Up Mobil!

Jakarta, virprom.com – Perawatan mobil merupakan salah satu perawatan penting yang sering dilakukan untuk menjaga performa mobil. Namun, beberapa pemilik mobil tidak memahami detail apa saja yang terlibat dalam proses ini.

Pemilik Autospector Jeffrey menjelaskan bahwa ini meningkatkan performa kendaraan dan membuat suku cadang bertahan lebih lama. Perbaikan biasanya dilakukan di bengkel resmi seperti halnya servis biasa.

Salah satu hal utama yang harus diperhatikan adalah filter udara yang berfungsi menyaring debu dan kotoran.

Baca Juga: Pemerintah belum konfirmasi hapus atau naikkan harga BBM bersubsidi

“Jika filternya kotor sekali, performa mesin akan menurun,” kata Jeffrey kepada virprom.com, Kamis (12/9/2024).

Selain itu, pada mobil non injeksi, karburator dibersihkan dan dikalibrasi ulang, sedangkan pada mobil injeksi throttle body perlu diperiksa dan dibersihkan.

Penting juga untuk memeriksa jarak kuas. Performa mesin dapat berubah karena stres.

“Ini sangat bergantung pada seberapa luas ruang yang dilalap api,” kata Jeffrey.

Untuk mobil dengan sistem konvensional, mengatur jarak bebas klep adalah hal yang paling penting. Kebisingan mesin dan hilangnya tenaga sering kali disebabkan oleh perubahan jarak bebas katup.

“Mobil masa kini sering kali dilengkapi dengan pengatur bulu mata hidrolik, sehingga penyetelan manual tidak diperlukan,” kata Jeffrey.

Selain itu, arus listrik juga harus diperiksa secara berkala.

Baca Juga: Pengendara Sombong Main Sampah di Jalan, Simpan Pikiranmu!

“Jika aki habis, sistem kelistrikan mobil pun ikut rusak,” kata Jeffrey.

Cairan seperti oli mesin dan cairan pendingin juga akan diperiksa untuk memastikan tidak ada kebocoran atau belum digunakan melebihi batas waktu yang ditentukan.

Dengan perawatan rutin ini, pengendara dapat menjaga kondisi mobilnya tetap prima. Dengarkan berita dan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top