Menurut Jokowi, Investor Selalu Bertanya soal Energi Hijau Sebelum Tanamkan Modal

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengatakan setiap investor yang ingin berinvestasi di Indonesia selalu menanyakan kemampuan Indonesia dalam menyediakan energi ramah lingkungan.

Jika hal itu bisa dilakukan, maka investor akan lebih percaya pada investasi dalam negeri.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan pembangunan Hub PLN sebagai pusat listrik, telekomunikasi, dan digital pintar di ibu kota nusantara, Kalimantan Timur, pada Rabu (5/6/2024).

Dan setiap investor yang ingin berinvestasi di Indonesia, baik di data center, selalu menanyakan apakah energi hijau tersedia atau tidak, kata Jokowi yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Baca Juga: Pengusaha UEA Puji IKN, Jokowi: Bukan Suka Pujian, Tapi Kepastian Investasi

Kepala Negara menyatakan, tidak ada lagi investor yang menanyakan penggunaan bahan bakar fosil pada pembangkit listrik tenaga batu bara (PLTU).

Termasuk, kata dia, ketika salah satu investor ingin membangun pabrik aluminium di Indonesia.

“Belum pernah ada yang bertanya kenapa saya mau pakai PLTU, tidak.

Padahal, kata Jokowi, Indonesia mempunyai potensi dan kekuatan yang besar untuk menyediakan hal tersebut melalui sumber daya alam.

Baca Juga: Otoritas IKN Dapat Investasi Rp 1,75 Triliun dari Groundbreaking ke-6

Katanya, negara ini memiliki 4.400 sungai yang bisa dijadikan pembangkit listrik tenaga air.

Ia lalu mencontohkan salah satu sungai di negeri ini, yakni Sungai Kayan. Sungai di Provinsi Kalimantan Utara ini mampu menghasilkan listrik sebesar 11.000 hingga 13.000 megawatt (MW).

“Sungai Mamberamo bisa menghasilkan 23.000 MW, itu besar. Sedang, kecil, banyak yang bisa dilakukan. Seperti yang disampaikan Direktur (PLN) tadi,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Tak Khawatir, Mundurnya Kepala Badan akan Pengaruhi Investasi Asing di IKN.

Oleh karena itu, Wali Kota Solo dulu sangat mengapresiasi pembangunan PLN Hub di IKN. PLN Hub akan mempertemukan seluruh peserta dan mitra yang terkait dengan PT PLN.

Dan kita berharap ada perubahan pola pikir kita karena IKN juga menyampaikan bahwa 100 persen harus menggunakan energi hijau, baik melalui panel surya yang digunakan PT PLN maupun PLTA, jelas Jokowi. Dengarkan berita terbaik dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top