PKS Buka Pintu Koalisi dengan PDI-P untuk Usung Anies-Sohibul Iman di Jakarta

JAKARTA, virprom.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka pintu koalisi dengan PDI-P untuk memilih Anyes Baswedan-Sohibul Iman sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta.

Presiden PKS Ahmad Siyakhu mengatakan sistem politik masih kuat sehingga masih ada ruang untuk beraliansi.

“Ya, sangat mungkin (membuat koalisi). Kalau kita sudah mengundang berbagai kalangan dan pihak lain untuk mendukung pasangan tersebut,” kata Saikhu di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

Namun, ia mengaku tidak menjalin hubungan resmi dengan partai pimpinan Megawatt Soekarnoputri itu.

Baca juga: PKS mengusung Anyes-Sohibul Iman sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta.

“Khususnya (hubungannya dengan PDI Perjuangan), saya tidak melakukan itu,” kata Saikhu.

Saikhu menjelaskan, hal itu merupakan suatu kombinasi untuk mencapai ambang batas calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, yakni 22 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Saat ini PKS hanya memiliki 18 kursi di DPRD DKI Jakarta, padahal PKS merupakan partai politik terbesar.

Selain PDI-P, PKS juga mengajak beberapa kelompok untuk bekerja sama, antara lain Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa, mitra koalisinya untuk perubahan pada Pilpres 2024.

Baca Juga: PKS ingin menutup kemungkinan Cawagub Anies datang dari PDI-P

Meski demikian, Saikhu menegaskan PKS akan memperjuangkan pasangan Aniye Baswedan-Sohibul Iman hingga resmi terdaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

Oleh karena itu, ia menutup kemungkinan bagi PDI-P dan kelompok lain untuk mengorganisir pemimpinnya menjadi wakil gubernur bergabung dengan Anies.

Saikhu mengatakan, pengangkatan pimpinan PKS di tingkat nasional dan daerah merupakan tinjauan nasional yang kelima sejak dirinya dilantik sebagai Ketua Umum partai.

Insya Allah ini yang akan kita perjuangkan sebelum mendaftar ke KPUD, kata Saikhu. Dapatkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk menerima saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top