Apa yang Harus Dilakukan Ketika Gula Darah Tinggi? Ini 7 Daftarnya…

virprom.com – Gula darah tinggi atau hiperglikemia dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes, seperti kerusakan saraf, gangguan penglihatan, dan kerusakan ginjal. Lantas, apa yang harus dilakukan saat kadar gula darah naik?

Kadar gula darah yang tinggi tidak hanya dapat diatasi dengan penggunaan insulin dan konsumsi obat diabetes saja, namun juga dapat dikurangi dengan mengubah kebiasaan dan gaya hidup sehat.

Untuk lebih jelasnya, pelajari beberapa cara menurunkan gula darah secara alami dan cepat di bawah ini.

Baca juga: Apa Obat Penurun Gula Darah? Berikut daftar 12… Apa yang harus Anda lakukan ketika gula darah Anda naik?

Mereka yang memiliki gula darah tinggi dapat menyuntikkan insulin dan mengonsumsi obat diabetes. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perubahan kebiasaan dan gaya hidup sehat agar kadar gula darah turun dengan cepat dan alami.

Dikutip dari Healthline dan Mayo Clinic, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah secara alami dan cepat. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Mereka yang menderita gula darah tinggi bisa melakukan jenis olahraga yang aman dan sesuai anjuran dokter.

Namun, disarankan untuk berolahraga minimal 30 menit sebanyak lima kali seminggu, atau setara dengan 150 menit dalam seminggu. Pertahankan makanan

Sangat penting untuk menjaga asupan makanan untuk mencegah naiknya kadar gula darah dan menurunkan gula darah tinggi.

Selain makan dalam waktu yang sama, makan dengan porsi lebih kecil, memperbanyak asupan serat, dan mengurangi makanan kaya karbohidrat dapat membantu menjaga kestabilan gula darah.

Baca juga: Apa Penyebab Gula Darah Tinggi? Berikut 8 alasan mengapa… Minumlah air putih

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari dapat menyeimbangkan kadar gula darah.

Pasalnya, minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal untuk mengeluarkan kelebihan gula (glukosa) melalui urin. Manajemen berat badan

Stres dapat berdampak buruk pada kadar gula darah karena tubuh memproduksi hormon glukagon dan kortisol.

Kendalikan stres dengan melakukan aktivitas santai yang dapat menurunkan gula darah tinggi, seperti meditasi, yoga, dan hobi yang Anda sukai. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat berdampak negatif terhadap gula darah dan sensitivitas insulin, sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top