Volume Oli Transmisi Mobil Manual Jangan Kurang, Dampaknya Fatal

SLEMAN, virprom.com – Mechanical Transmision fluid (MTF) atau oli transmisi manual berperan penting dalam melumasi seluruh bagian internal transmisi, sehingga sambungan antar gigi menjadi lancar dan mengurangi keausan.

Oleh karena itu, nilai MTF harus dikontrol agar tidak rendah, karena ketika level maksimum menurun maka interval pelumasan akan berkurang.

Hardi Vibovo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan transmisi manual, berbeda dengan mobil matic, tidak dilengkapi pompa oli untuk menunjang proses pelumasan.

Baca juga: Jika Anda membeli mobil matic bekas, Anda harus lulus uji jalan

“Karena tidak dilengkapi pompa, maka proses pelumasan bergantung pada seluruh bagian yang berputar, ada yang menyentuh oli. Kalau volumenya kecil, kemungkinan besar pelumasannya kecil,” kata Hardy kepada Kompas. .com pada Selasa (11/6/2024).

Hardy mencatat bahwa semakin sedikit ruang oli yang menyentuh bagian internal transmisi, semakin sedikit pelumasan. Akibatnya, suku cadang cenderung aus.

Bunyi deritan terjadi jika bantalan poros keluaran dan masukan tidak dilumasi oli dan hal ini menyebabkan aus, meskipun level oli meningkat, setelah aus maka bunyi deritan akan terus berlanjut. kemampuan,” kata Hardy.

Baca juga artikel ini : Inilah Penyebab Bunyi Decit pada Transmisi Mobil

Menurut Hardy, setiap bagian internal transmisi seperti synchros, hub sleeve, dan individual gear perlu diberi pelumas agar bagian-bagian tersebut dapat berfungsi dengan baik dan kerusakan yang minimal.

“Kalau sinkronisasinya rusak akibat berkurangnya performa mesin, maka akselerasinya sulit diubah, persnelingnya kaku, hubnya tidak bisa menutup rapat, akibatnya persnelingnya tidak bisa kembali. Mobilnya bergerak,” kata Hardy.

Menurut Hardy, semua gejala di atas ditimbulkan, salah satu penyebabnya adalah ukuran MTF yang berada di bawah batas aman. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik mobil manual untuk setidaknya mengontrol volume dengan perawatan rutin. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top