Statistik Balap MotoGP di Mandalika

virprom.com – Para pebalap MotoGP siap mengikuti Grand Prix Indonesia yang akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, akhir pekan ini.

Tahun ini menandai ketiga kalinya Mandalika menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Sepeda Motor setelah debutnya pada tahun 2022.

GP Indonesia sudah pernah digelar di Sentul pada tahun 1996 dan terulang kembali di tempat yang sama pada tahun 1997.

Indonesia merupakan satu dari delapan negara Asia yang menjadi tuan rumah GP. Thailand, Türkiye, Jepang, Malaysia, Cina, Qatar dan India telah ditambahkan.

Baca juga: Pesan Korban Steward Usai Laga Persib Vs Persija

Francesco Bagnaia dari Ducati menjadi pemenang MotoGP Indonesia 2023. Sebaliknya pole position direbut oleh Luca Marini dari VR46 dengan lap tercepat 1:29.978.

Tiga pabrikan yang mencatatkan hasil di Mandalika adalah KTM, Ducati, dan Yamaha. Miguel Oliveira membawa pulang gelar juara dunia pertama Mandalika pada 2022, sedangkan Bagnaia berhasil meraih kemenangan meski start dari grid ke-13.

Performa impresif pun ditunjukkan Yamaha di Mandalika, dengan Fabio Quartataro meraih podium kedua pada 2022 dan podium ketiga pada 2023.

Menariknya, Pedro Acosta (GASGAS Tech3) akan berulang tahun ke-20 pada Minggu (29/9/2024).

Jika menang, ia akan menjadi pebalap termuda kedua di kelas premier setelah Marc Marquez yang menjadi juara pada usia 20 tahun 63 hari di Austin pada 2013.

Jika Ducati bisa memenangi balapan, itu akan menjadi kemenangan ke-12 berturut-turut, sebuah rekor baru bagi pabrikan asal Bolognese itu.

Sebaliknya, jika Bagnaia berhasil meraih kemenangan, maka itu akan menjadi kemenangannya yang kedelapan di tahun 2024. Musim terbaiknya dari segi jumlah kemenangan.

Marc Marquez menjadi pebalap terakhir yang mencatat delapan kemenangan atau lebih dalam satu musim dengan 12 kemenangan pada 2019.

Hanya beberapa nama besar seperti Marquez, Valentino Rossi, Casey Stoner, dan Jorge Lorenzo yang mampu meraih prestasi serupa dalam sejarah MotoGP.

Berikut statistik Lingkar Internasional Mandalika

Panjang lintasan: 4,3 km Jarak balapan: 27 lap atau 116,13 km Pemenang MotoGP Indonesia 2023: Francesco Bagnaia (Ducati) pole position 2023: Luca Marini (VR46) Waktu lap tercepat 2023: Luca Marini (1:29.978) ) Dapatkan – check out berita terbaru dan berita terpilih, kami ada di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top