Ricoh PHK 2.000 Karyawan di Tengah Turunnya Permintaan Printer Kantoran

virprom.com – Ricoh, pengecer peralatan kantor asal Jepang, mengumumkan akan memutus hubungan kerja (PHK) sekitar 2.000 karyawan di seluruh dunia sebagai bagian dari rencana restrukturisasi.

PHK tersebut mewakili sekitar 3 persen dari 79.544 karyawannya, didorong oleh berkurangnya permintaan akan printer kantor. Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini akan memfokuskan kembali bisnisnya pada layanan transformasi digital untuk perusahaan pihak ketiga.

Proses PHK di Ricoh akan selesai pada akhir tahun fiskal Maret 2025. Di Jepang, Ricoh akan menawarkan paket pensiun dini kepada sekitar 1.000 karyawan.

KompasTekno dari Nikkei.com mencatat, Senin (23/9/2024), upaya restrukturisasi tersebut diperkirakan menelan biaya 16 miliar yen (sekitar Rp 1,69 triliun) namun akan meningkatkan pendapatan tahunan sekitar 9 miliar yen (Rp 951 miliar). pada tahun anggaran berikutnya.

Baca Juga: Ricoh Akan Akhiri Bisnis Kamera Pentax?

Meski merampingkan bisnis peralatan kantornya, Ricoh tidak sepenuhnya meninggalkan industri percetakan. Perusahaan mengumumkan Juli lalu bahwa mereka akan membentuk usaha patungan dengan Toshiba Tec Corporation bernama Etria.

Sekitar 8.400 karyawan akan pindah ke Etria, yang akan fokus pada pengembangan dan pembuatan printer kantor baru.

Etria tidak akan terpengaruh dengan adanya PHK di Ricoh, sehingga perusahaan patungan tersebut dapat terus fokus pada inovasi di bidang percetakan. Langkah strategis ini menggarisbawahi komitmen Ricoh untuk mempertahankan kehadirannya di pasar bahkan ketika perusahaan tersebut melakukan perampingan operasi tradisionalnya.

Baca Juga: HP Resmi Beli Bisnis Printer Samsung Seharga Rp 13,8 Triliun

Selain melakukan restrukturisasi, Ricoh juga berkomitmen melakukan transformasi pasar digital. Perusahaan ini bertujuan untuk membantu bisnis mendigitalkan fungsi-fungsi kantor yang penting, seperti mengelola faktur dan akun pengiriman, di dunia yang semakin tanpa kertas.

Kecerdasan buatan (AI) adalah bidang lain yang sedang dijajaki Ricoh sebagai bagian dari strategi masa depannya.

Perusahaan berinvestasi dalam analisis data dan algoritme canggih berbasis AI untuk tetap menjadi yang terdepan dalam tren teknologi yang mendukung operasional kantor digital. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top