Ramai Fitur Eye Tracking iOS 18 buat Scroll Layar dengan Mata, iPhone 11 Kebagian?

virprom.com – iOS 18 sudah dirilis sejak minggu lalu, namun masih ramai dibicarakan karena banyak fitur menariknya. Salah satu fitur menarik iOS 18 yang banyak diperbincangkan di media sosial, termasuk TikTok, adalah fitur eye tracking.

Banyak netizen di TikTok yang memamerkan salah satu fitur iPhone iOS 18. Beberapa dari Anda mungkin pernah melihat preview fitur pelacakan mata iOS 18 di media sosial.

Baca Juga: 8 Fitur Tersembunyi iOS 18 di iPhone yang Sedikit Diketahui

Sekadar informasi, fitur pelacakan mata pada iOS 18 pada dasarnya adalah fitur aksesibilitas yang memudahkan pengguna dalam menggunakan iPhone-nya. Pelacakan mata di iOS 18 memungkinkan pengguna menggulir iPhone mereka dengan gerakan mata.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu menggesek layar untuk memindahkan iPhone. Pengguna bisa mengoperasikan iPhone hanya dengan menggunakan gerakan mata. Kemampuan ini membuat fitur pelacakan mata iOS 18 menjadi sangat menarik.

Meskipun menarik, fitur pelacakan mata iOS 18 hanya tersedia pada model iPhone tertentu. Lalu bagaimana dengan iPhone lawas seperti iPhone 11? Bisakah iPhone 11 Eye melacak iOS 18? Bisakah iPhone 11 Eye melacak iOS 18?

Sekadar informasi, iPhone 11 merupakan model iPhone yang terbilang lama. Meski iPhone ini dirilis 5 tahun lalu pada September 2019, iPhone 11 bisa diupdate ke iOS 18.

Namun, tidak semua fitur iOS 18 tersedia di iPhone 11. Sayangnya iPhone 11 tidak memiliki eye tracking. Oleh karena itu, pengguna iPhone 11 tidak dapat mengakses fitur pelacakan mata iOS 18, yang sedang ramai diuji akhir-akhir ini.

IOS 18 Kurangnya pelacakan mata pada iPhone 11 juga berlaku untuk iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Tidak semua model iPhone 11 memiliki pelacakan mata iOS 18. Jadi iPhone mana yang memiliki pelacakan mata iOS 18?

Mengutip situs resmi Apple, fitur pelacakan mata iOS 18 hanya tersedia untuk iPhone 12 dan seri lebih baru serta iPhone SE 3. Jika pengguna menggunakan model iPhone ini, mereka dapat menggunakan fitur pelacakan mata iOS 18 untuk menggulir iPhone dengan tangannya. mata

Baca Juga: Cara Berbagi WiFi dengan Scan Kode QR di iPhone iOS 18, Sudah Coba?

Jadi, bagaimana cara mengontrol iPhone Anda secara visual di iOS 18? Jika Anda tertarik untuk mencobanya, lihat petunjuk di bawah tentang cara mengaktifkan pelacakan mata iOS 18 untuk memutar iPhone dengan mata Anda. Cara Mengaktifkan Pelacakan Mata di iOS 18

Cara mengaktifkan pelacakan mata di iOS 18 di iPhone sangat sederhana. Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu pengaturan akses di iPhone. Berikut cara mengaktifkan pelacakan mata iOS 18 di iPhone: Buka menu pengaturan iPhone iOS 18. Lalu pilih Aksesibilitas atau Accessibility. Kemudian pilih menu Kontrol Mata. Kemudian aktifkan opsi Pelacakan Mata. Setelah itu, pengguna akan diminta untuk mengatur gerakan mata di layar. Atur dengan menonton sejumlah putaran di layar selama jangka waktu tertentu. Jika pengaturan berhasil, pengguna dapat mulai menggulir layar dengan matanya. Di menu “Eye Control”, pengguna dapat mengonfigurasi banyak pengaturan, seperti kemampuan merasakan pergerakan penunjuk, menambahkan tombol “Dwell” virtual, memperbesar keyboard saat mengetik, dan banyak lagi.

Cara root iPhone dengan pelacakan mata iOS 18

Saat pelacakan mata iOS 18 aktif, pengguna dapat mulai memutar iPhone dengan matanya. Jika fitur ini aktif, maka layar iPhone akan memiliki lingkaran transparan yang berfungsi sebagai kursor. Kursor bergerak sesuai gerakan mata pengguna.

Berikut penjelasan lebih detail cara memutar iPhone dengan eye tracking di iOS 18: Letakkan layar iPhone 30cm dari mata Anda. Gerakkan kursor di layar iPhone dengan menggerakkan mata ke atas, bawah, kiri, kanan. Jika Anda ingin memilih menu di layar, program, opsi, dll., fokuslah pada item tersebut. Untuk memindahkan atau menggulir layar, pengguna dapat membuka tombol virtual “Dwell”, yang berfungsi sebagai tombol sentuh tambahan. Pilih menu “scroll” pada tombol Dwell dan pilih arah untuk menggerakkan layar ke kiri, kanan, atas, bawah. Setelah memilih arah, arahkan pandangan Anda ke bagian layar yang ingin Anda gerakkan. Misalnya ingin menggeser ke kiri, arahkan mata ke sisi kiri layar. Untuk kembali ke layar beranda, pengguna dapat membuka tombol Dwell dan memilih menu Beranda. Pengguna dapat menyesuaikan tombol Dwell di menu pengaturan Assistive Touch. Pada pengaturan tombol jeda, pengguna dapat mengatur berapa lama untuk fokus membuka atau memilih suatu item.

Fitur pelacakan mata ini menghadirkan pengalaman baru bagi pengguna iPhone. Namun berdasarkan pengujian kami, fitur ini cukup sulit digunakan. Pasalnya, pengguna harus bisa mengontrol gerakan mata agar bisa menggerakkan layar iPhone dengan benar.

Baca Juga: 10 Fitur Keren iOS 18 yang Dapat Anda Ubah Ikon Aplikasi & Pusat Kontrol

Jika pergerakan mata tidak terkontrol dengan baik, kursor di layar akan bergerak tidak menentu bahkan menimbulkan pusing. Kesimpulannya, fitur ini menarik untuk dicoba, namun kurang efisien dan efektif jika pengguna ingin menggunakan iPhone dengan cepat.

Jika ingin mencoba eye tracking di iOS 18, pengguna tentunya harus memperbarui sistem operasinya. Jika belum, pengguna dapat membaca artikel cara update iOS 18 di iPhone dan informasi terkait lainnya.

Dapatkan berita teknologi dan gadget unggulan setiap hari. Datang dan bergabunglah di saluran WhatsApp KompasTekno. Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal WhatsApp di ponsel Anda. Dengarkan berita terkini dan berita kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top