Alissa Wahid: Paus Fransiskus Ajak Umat Jaga Tali Persaudaraan Antar-agama

JAKARTA, virprom.com – Direktur Jaringan Gusdurian Alissa Wahid mengatakan, Pemimpin Tinggi Agama Katolik, Paus Fransiskus, menghimbau seluruh umat Islam untuk mempererat hubungan persaudaraan antar umat beragama.

Alissa mengutip Paus dan menekankan bahwa perbedaan agama itu penting, tapi bagaimana menjaga ikatan persaudaraan tetap hidup.

“Pesannya adalah: jagalah hubungan itu,” beliau (Paus Fransiskus) mengingatkan kita ketika sebelumnya beliau mengatakan bahwa semua agama mempunyai ajarannya, dan yang terpenting adalah menjaga hubungan antar agama tersebut. Karena yang penting bukan perbedaannya, tapi ikatannya,” kata Alissa dalam tayangan YouTube virprom.com, Kamis (9 Mei 2024).

Baca juga: Imam Besar Al-Azhar dan Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia, Alissa Wahid: Berkah yang Luar Biasa

Menurut Alissa, pidato Paus Fransiskus tersebut sejalan dengan pemikiran Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang pernah diungkapkannya dalam berbagai tulisan semasa hidupnya.

Dikatakannya, pidato Paus Fransiskus dan pemikiran Gus Dur tidak hanya sarat nilai luhur, namun juga lebih dalam. 

Ia mencontohkan bagaimana Paus memberikan contoh persahabatan antara umat Katolik dan Islam yang dapat dilihat secara konkrit melalui terowongan Persahabatan.

Baca juga: Saat Imam Besar Masjid Istiqlal Mencium dan Memeluk Dahi Paus Fransiskus…

“Tidak ada nilai-nilai besar yang terbatas di permukaan, jadi bukan sekedar ‘Oh ya, Indonesia negara yang majemuk’. Tapi pesannya sangat konkrit. Pertama, lihat lebih dalam, lihat lebih dalam, itu pesan pertama. Artinya : “Dia menganalogikan seperti itu, kita melihat katedral dan Istiqlal di permukaan, namun di bawahnya yang tidak terlihat di permukaan adalah koridor persahabatan. Jadi lihat apa yang ada di bawahnya,” kata Alissa.

“Jadi Paus mengingatkan kita bahwa kita harus melihat semuanya lebih dalam, bukan hanya permukaannya saja,” imbuhnya.

Baca juga: Bertemu Penyandang Disabilitas, Paus Fransiskus: Saling Membutuhkan Bukan Hal Buruk

Selain itu, Alissa mengaku terkesan dengan pidato Paus Fransiskus yang meminta semua pihak kembali pada nilai-nilai keadilan dan kemanusiaan.

Paus Fransiskus menekankan, menurut Alissa, agama tidak boleh sebatas ritual, tetapi harus menjadi sumber nilai nyata untuk menata kehidupan bermasyarakat. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top